KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGARMATIM PAPARKAN PETUNJUK PERENCANAAN KOGASFIB

By 23 Sep 2016 00:17Berita Umum
02-pangarmatim-paparkan-petunjuk-perencanaan-pangkogasfib-2

Surabaya, 2 Agustus 2016

Panglima Komando Armada Ri kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksma) TNI Darwanto, S.H., M.A.P. selaku Panglima Komando Tugas Amfibi (Pangkogasfib) memaparkan petunjuk perencanaan Pangkogasfib kepada Kepala Staf Kogasfib, para Staf Khusus Pangkogasfib dan Para Staf Umum Pangkogasfib sebagai petunjuk pokok dalam perencanaan cara bertindak Kogasfib dalam rangka Armada Jaya XXXIV 2016, yang berlangsung di gedung E.H. Thomas Kobangdikal, Bumimoro Surabaya. Jumat, (02/09/2016).

02-pangarmatim-paparkan-petunjuk-perencanaan-pangkogasfib-1Mengawali paparannya, Pangkogasfib menyampaikan tentang keadaan musuh antara lain musuh mampu mengerahkan kekuatan tempur darat, laut  dan  udara namun demikian musuh masih mempunyai keterbatasan bekal ulang logistik untuk pasukan di garis depan disamping itu peralatan tempur dan penyelenggaraan Kodal juga akan terkendala karena penyebaran kekuatan militernya dan letak yang berjauhan. Keadaan tersebut berkaitan langsung dengan tugas pokok kogasfib yakni melaksanakan serbuan amfibi di Pantai Utara Asembagus guna membentuk tumpuan pantai guna membantu pendaratan administrasi Kogasratmin dan mengamankan operasi pelintasan Satgasrat dalam rangka mendukung Tupok Kogabla.

Pada kesempatan tersebut Pangkogasfib memberikan petunjuk teknis antara lain kembangkan konsep cara bertindak berdasarkan kegiatan yang menentukan, merencanakan bantuan mulai dari Hanud, Intelijen, Teritorial, Hukum, Pernika, Informasi, Komlek dan Kesehatan. Perencanaan dukungan logistik baik dipangkalan awal maupun di daerah operasi. Menggali informasi baik unsur utama keterangan maupun persoalan intelijen lainnya. Melaksanakan manajemen resiko serta kerjasama antara unsur laut, darat, maupun udara.

Unsur-unsur Kogasfib akan bergerak dari pangkalan di surabaya dengan konsep operasi melaksanakan operasi praserbuan melalui intai taktis, infiltrasi, junpur, pembersihan ranjau, pendaratan khusus, serbuan amfibi melalui lintas heli dan permukaan.Paparan Pangkogasfib diakhiri dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Bagimu Negeri yang dipimpin oleh Pangkogasfib.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

 

PANGARMATIM PAPARKAN PETUNJUK PERENCANAAN KOGASFIB