KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGARMATIM LANTIK KOMANDAN LANTAMAL XIII TARAKAN YANG BARU

By 01 Nov 2016 08:41Berita Armada
01-komandan-lantamal-xiii-tarakan-diserah-terimakan-4

Surabaya, 01 November 2016.

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., memimpin jalannya Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIII Tarakan dari pejabat lama yaitu Laksamana Pertama TNI Wahyudi Hendro Dwiyono, M.M., kepada penggantinya Kolonel Laut (P) Ferial Fachroni berlangsung di Markas Komando (Mako) Lantamal XIII Tarakan. Selasa (01/11/2016).

01-komandan-lantamal-xiii-tarakan-diserah-terimakan-2Pangarmatim dalam amanatnya menyampaikan bahwa, pergantian jabatan merupakan bentuk pembinaan organisasi dan personel, dimana hal tersebut merupakan tuntutan tugas yang sudah menjadi bagian selaku prajurit TNI Angkatan Laut. Pergantian jabatan juga bertujuan untuk mewujudkan kaderisasi kepemimpinan guna mendapatkan penyegaran semangat dan pemikiran baru yang bermuara terhadap pencapaian kinerja organisasi yang lebih baik. Disamping itu, pergantian jabatan merupakan peluang bagi para perwira dalam meningkatkan karier untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kemampuan konseptualnya, sehingga diharapkan akan mampu mewujudkan organisasi yang lebih segar dan dinamis.

Lanjut Pangarmatim, Mencermati perkembangan lingkungan strategis di wilayah kerja Koarmatim, masih dihadapkan pada permasalahan terkait dengan upaya menjaga kedaulatan negara, khususnya di wilayah perairan yang berbatasan dengan negara-negara tetangga serta pemenuhan hak-hak masyarakat internasional di perairan yuridiksi nasional. Oleh karena itu, Koarmatim sebagai Kotama Operasional dan selaku komponen utama pertahanan negara di laut, dituntut untuk selalu siap siaga dan mampu menghadapi serta mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi

01-komandan-lantamal-xiii-tarakan-diserah-terimakan-3Selain itu, wilayah kerja Lantamal XIII Tarakan adalah wilayah perairan yang merupakan corong dari Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II dari jalur pelayaran internasional dan berbatasan langsung dengan perairan negara tetangga yaitu sebelah utara berbatasan dengan negara Filipina dan Malaysia, serta di darat berbatasan  dengan negara Malaysia. “Sebagaimana kita ketahui bersama, masih terdapat potensi kerawanan dan pelanggaran terkait masalah di perbatasan wilayah perairan dengan negara tetangga tersebut seperti : Traficking, Terorisme, Illegal Logging, Illegal Fishing, penyelundupan senjata dan perampokan yang saat ini kemungkinan masih terjadi. Oleh karena itu, peran Lantamal XIII Tarakan sangatlah penting di dalam pencapaian tugas Koarmatim. Lantamal harus terus menerus menjalankan tugas dan bersinergi dengan satuan-satuan kerja lain, sehingga pelaksanaan tugas dan tanggung jawab dapat berjalan dengan optimal.

Selanjutnya, Laksma TNI Wahyudi Hendro Dwiyono, M.M., yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 31 Tahun 1986 akan melanjutkan tugasnya sebagai Staf Khusus Kasal. Sedangkan Kolonel Laut (P) Ferial Fachroni lulusan AAL Angkatan 34 Tahun 1988 sebelum menjadi Komandan Lantamal XIII Tarakan, menjabat sebagai Direktur Pendidikan (Dirdik) Seskoal.

Hadir dalam upacara serah terima jabatan diantaranya, Wagub Kalimantan Utara (Kaltara) Bpk. H. Udin Hianggio,  Walikota Tarakan Bpk. Sofyan Raga, Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim (Danguspurlatim) Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim (Danguskamlatim) I.N.G Sudihartawan, S.Pi., Para Komandan Lantamal Wilayah Timur, Kabinda Kaltara Brigjen TNI Zamzami, dan Asintel Pangarmatim Kolonel Laut (E) Yanuar Adi Legowo, S.H., M.A.P., M.Si (Han)., Aslog Pangarmatim Kolonel Laut (T) Kasih Prihantoro, S.E., M.M., serta Pejabat Forkompimda Wilayah Kaltara.

 

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.

 

 

 

 

 

PANGARMATIM LANTIK KOMANDAN LANTAMAL XIII TARAKAN YANG BARU