KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGARMATIM HADIRI UPACARA WISUDA PURNA WIRA MANTAN KASAL

By 11 Oct 2016 03:26Berita Armada
11-pangarmatim-hadiri-upacara-wisuda-purna-wira-mantan-kasal

Surabaya, 10 Oktober 2016

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P. didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto menghadiri Upacara Wisuda Purna Wira (WPW) Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetyo beserta 65 Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut yang terdiri dari 2 Pati berpangkat Laksamana Madya atau Letnan Jenderal, 32 Pati berpangkat Laksamana Muda atau Mayor Jenderal, 31 Pati berpangkat Laksamana Pertama  atau Brigadir Jenderal dengan Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P. yang berlangsung di Lapangan Arafuru, Akademi Angkatan Laut (AAL) Bhumimoro Surabaya. Senin (10/10/2016).

Upacara Wisuda Purna Wira merupakan tradisi TNI Angkatan Laut yang diselenggarakan untuk melepas sejumlah Perwira Tingginya yang telah selesai melaksanakan bhaktinya di TNI Angkatan Laut. Upacara yang juga dimeriahkan dengan acara tradisi Parade Surya Senja ini berbarengan pelaksanaannya dengan peluncuran Perwira Remaja TNI Angkatan Laut, hal ini dimaksudkan sebagai simbolis pelimpahan kepada generasi yang lebih muda.

Kasal di sela-sela acara ramah tamah dalam sambutannya menyampaikan Wisuda Purna Wira disamping sebagai tradisi di TNI Angkatan Laut, juga menjadi sarana untuk mendengarkan masukan ataupun gagasan dari para Senior dan para Sesepuh, yang sangat dibutuhkan demi kemajuan TNI Angkatan Laut.

“Sebagai generasi penerus, kami menyadari bahwa keberhasilan yang telah dicapai selama ini merupakan bagian dari hasil pembinaan dari para Senior dan Sesepuh, oleh karena itu atas nama seluruh jajaran TNI Angkatan Laut, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, pungkasnya.

Dalam prosesi Wisuda Purna Wira tersebut, secara simbolis dilaksanakan penyerahan kemudi kapal di atas replika KRI Dewaruci dari perwakilan wisudawan, dalam hal ini mantan Kasal Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetyo kepada perwakilan Perwira Remaja TNI Angkatan Laut Letda Laut (P) Angka Samudra yang merupakan Adhimakayasa AAL Angkatan 61, sebagai simbolisasi diteruskannya perjuangan dari generasi pendahulu kepada generasi penerus di jajaran TNI Angkatan Laut.

Usai penyerahan simbolis kemudi kapal, para wisudawan beserta istri berjalan melewati gapura pedang yang menandai berakhirnya masa pengabdian di jajaran TNI Angkatan Laut.

Hadir pada acara tersebut, Para Pejabat Utama Mabesal beserta Ibu, Para Pangkotama TNI Angkatan Laut beserta Ibu, Kepala Staf Koarmatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan, S.E.,M.M. beserta Ibu, Komandan Guspurla Koarmatim Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) beserta Ibu, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

PANGARMATIM HADIRI UPACARA WISUDA PURNA WIRA MANTAN KASAL