KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGARMATIM HADIRI PERINGATAN HUT KABUPATEN SIDOARJO KE-159

By 19 Feb 2018 14:27Berita Umum
18 PANGARMATIM HADIRI PERINGATAN HUT KABUPATEN SIDOARJO KE-159
Surabaya, 18 Februari 2018
Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo Ke 159 Tahun, menghadiri pagelaran wayang kulit, bertempat di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo. Kamis, (15/02/2018).
Sebelum digelar pertunjukan wayang kulit dengan lakon Dewa Ruci yang dibawakan dalang Ki Anom Suroto dan Ki Bayu Prasetyo Aji, acara ditandai dengan pemotongan kue oleh Bupati Sidoarjo yaitu Bapak Saiful Illah yang kemudian diberikan kepada Pangarmatim dan perwakilan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo. Selanjutnya para tamu undangan juga dihibur dengan penampilan seni tari Pedoyo Gayatri dari Sanggar Tari asal Sidoarjo.
18 PANGARMATIM HADIRI PERINGATAN HUT KABUPATEN SIDOARJO KE-159 2
 Bapak Saiful Illah mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan atas kehadirannya dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 159, dan berharap melalui kegiatan budaya wayang kulit ini, diharapkan dapat melestarikan seni budaya Jawa dan mendalami nilai-nilai yang dikandungnya.
Adapun cerita pewayangan tentang nama Dewa Ruci berisi ajaran atau falsafah hidup moral orang Jawa. Lakon wayang ini menjadi bagian dari epos Mahabarata. Kisah Dewa Ruci menggambarkan sebuah kepatuhan seorang murid kepada guru, kemandirian bertindak, dan perjuangan keras menemukan jati diri.
“Pengenalan jati diri akan membawa seseorang mengenal asal-usul diri sebagai ciptaan dari Tuhan. Pengenalan akan Tuhan itu menimbulkan hasrat untuk bertindak selaras dengan kehendak Tuhan, bahkan menyatu dengan Tuhan atau sering disebut sebagai Manunggaling Kawula Gusti (bersatunya hamba Gusti)”, ujarnya.
Hadir dalam acara tersebut, Komandan Lantamal V Laksma TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., Wakapolres Sidoarjo, Dandim Sidoarjo, FKPD Sidoarjo, Sekda Sidoarjo, serta masyarakat Kota Sidoarjo.
Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.
 
 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGARMATIM HADIRI PERINGATAN HUT KABUPATEN SIDOARJO KE-159