KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGARMATIM HADIRI PEMBUKAAN ASIA PACIFIC SUBMARINE CONFERENCE 2017

By 26 Oct 2017 19:56Berita Latihan
25_PANGARMATIM_HADIRI_PEMBUKAAN___ASIA_PACIFIC_SUBMARINE_CONFERENCE_2017.5docx
 
Surabaya, 25 Oktober 2017
 
Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., menghadiri pembukaan acara Asia Pacific Submarine Conference (APSC) ke-17  tahun 2017 yang dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., bertempat di ruang Isyana, Ballroom Hotel Bumi Surabaya. Rabu, (25/10/2017).
 
Asia Pacific Submarine Conference 2017 dilaksanakan mulai tanggal 24 s.d. 27 Oktober 2017 di Hotel Bumi Surabaya.  Sebanyak 25 negara turut serta dalam acara APSC diantaranya : Indonesia, Australia, Bangladesh, Brazil, Canada, Chile, China, France, India, Italy, Japan, Malaysia, Netherland, Pakistan, Peru, Poland, South Korea, Rusia, Singapore, Thailand, Turkey, United Kingdom, USA, Uni Emirat Arab dan Vietnam, serta 2 organisasi Internasional (International Submarine Escape and Rescue Liason Office/ISMERLO dan NATO Submarine Escape and Rescue Working Group/NATO SMERWG). Diantara peserta delegasi tersebut terdapat perwakilan delegasi negara yang berpangkat perwira tinggi, yaitu delegasi dari USA, Jepang, Perancis, Korea Selatan dan India.
 
Dalam amanatnya Kasal menyampaikan bahwa, dalam tiga hari ini akan menjadi kesempatan yang baik tidak hanya untuk saling bertukar pengetahuan profesional tentang kapal selam, tetapi  juga untuk meningkatkan dan mempererat hubungan diantara kita sekalian. Konferensi ini diselenggarakan untuk mencapai sasaran – sasaran berikut, membina hubungan antar angkatan laut negara-negara peserta terutama dalam hal persaudaraan antar sesama pengawak kapal selam di wilayah Asia Pasifik. Meningkatkan kerja sama dan koordinasi di tingkat operasional dan taktis dalam operasi pencarian dan penyelamatan kapal selam, hal ini sesuai dengan perkembangan peralatan, latihan-latihan, prosedur evakuasi dan keselamatan kapal selam saat ini.
25_PANGARMATIM_HADIRI_PEMBUKAAN___ASIA_PACIFIC_SUBMARINE_CONFERENCE_2017.3docx 
“Konferensi ini berfungsi sebagai kerangka kesepahaman, pengembangan, kesepakatan, kerja sama, dan peningkatan kemampuan dalam hal penyelamatan kapal selam sebagai wujud tindakan kemanusiaan. Asia Pacific Submarine Conference merupakan agenda tahunan dalam rangka menyatukan para perwira kapal selam dari negara-negara Asia Pasifik dan Eropa. Untuk pertama kali APSC diselenggarakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 2011, konferensi ini diadakan sebagai wujud perhatian mendalam terhadap kecelakaan kapal selam yang terjadi di beberapa negara di dunia”, ungkapnya.
 25_PANGARMATIM_HADIRI_PEMBUKAAN__ASIA_PACIFIC_SUBMARINE_CONFERENCE_2017.2docx
Sepanjang konferensi, kita sekalian akan terlibat dalam presentasi dan diskusi penting mengenai topik-topik yang relevan, terkini dan vital bagi kepentingan kita bersama terutama dalam hal penyelamatan dan keselamatan kapal selam. Dengan dilaksanakan kegiatan ini seluruh peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, untuk membuka pikiran, bertukar gagasan dan sudut pandang, sehingga kita akan memiliki pemahaman lebih baik kedepan untuk APSC.
Usai sambutan, Kasal didampingi Pangarmatim dan perwakilan delegasi peserta APSC menandai pembukaan dengan pemukulan gong. Selanjutnya Pimpinan tertinggi TNI AL tersebut meninjau stand-stand Submarine Exhibition 2017 yang diisi oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan kapal atas air, kapal selam dll seperti PT.PAL, Kongsberg, PT. Palindo Marine Shipyard, Aselsan, DSM, dan Surya Kirana Almas.
Hadir dalam acara Asia Pacific Submarine Conference 2017 yaitu para Pejabat Utama Mabesal, Pangkotama TNI AL wilayah Surabaya, Dirut PT.PAL Bpk Bayu Wicaksono, Irarmatim, Asintel Pangarmatim, Asops Pangarmatim, Dansatsel Koarmatim dan para peserta APSC ke-17.
 
Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGARMATIM HADIRI PEMBUKAAN ASIA PACIFIC SUBMARINE CONFERENCE 2017