KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGARMATIM HADIRI CERAMAH UMUM KASAL

By 23 Mar 2018 15:35Berita Umum
23_PANGARMATIM_HADIRI_CERAMAH_UMUM_KASAL.1

KOARMATIM – Surabaya, 23 Maret 2018

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., menghadiri Ceramah Umum oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P.,  dengan tema “Geographical Awareness, dalam mewujudkan upaya Bela Negara dan Keamanan Nasional, bertempat di Gedung Serba Guna Giri Loka, UPN Veteran, Jalan Raya Rungkut  Madya, Gunung Anyar, Surabaya. Jum’at (23/03/2018).

Dalam ceramahnya Kasal menerangkan beberapa hal menegenai bela negara dan keamanan Nasional, Negara Indonesia  merupakan negara dengan kepulauan terbesar di dunia, berada pada posisi strategis yang memiliki SDA melimpah dari 2/3 wilayahnya adalah lautan, Kasal menjelaskan arti penting laut dan fungsi laut.

Mengenai Bela Negara, membela negara adalah hak sekaligus kewajiban bagi setiap warga negara dan bela negara adalah tekad dan tindakan warga yang dilandasi cinta tanah air, untuk menjamin kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa.

Adapun ancaman bagi bangsa indonesia meliputi ancaman umum dari luar maupun dalam negri dan ancaman khusus meliputi subversi, infiltrasi, pemberontakan, intervensi dan invasi.

Ada Enam Elemen penting  untuk menjadi sebuah negara diantaranya bentuk geografis, bentuk fisik, luasnya wailayah, jumlah penduduk, karakter bangsa dan karakter pemerintah.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGARMATIM HADIRI CERAMAH UMUM KASAL