KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGARMATIM  GIATKAN PRAJURIT BERLATIH PENCAK SILAT

By 26 Oct 2017 19:47Berita Olah Raga
24_PANGARMATIM__GIATKAN_PRAJURIT___BERLATIH_PENCAK_SILAT__1_
Surabaya, 24 Oktober 2017
Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., didampingi Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Roberth W. Tappangan, S.H., mengajak Prajurit Koarmatim berolahraga dengan berlatih pencak silat di Dermaga Madura Koarmatim,  Ujung Surabaya. Selasa, (24/10/17).
Pangarmatim yang merupakan asli dari Rangkas Bitung, Banten menyempatkan berlatih bela diri khas Indonesia yaitu pencak silat bersama pejabat teras Koarmatim dengan dipandu oleh perwakilan Ikatan Pencat Silat Indonesia (IPSI) Jawa Timur diantaranya, Bpk Hamdani, Saiful Rusti Efendi dan Mitra Winanta.
Silat diperkirakan menyebar di kepulauan Nusantara semenjak abad ke-7 Masehi. Asal mula ilmu bela diri di Nusantara ini kemungkinan berkembang dari keterampilan suku-suku asli Indonesia dalam berburu dan berperang dengan menggunakan parang, perisai, dan tombak, misalnya seperti dalam tradisi suku Nias yang hingga abad ke-20 relatif tidak tersentuh pengaruh luar.
Tradisi silat diturunkan secara lisan dan menyebar dari mulut ke mulut, diajarkan dari guru ke murid. Sejarah silat dikisahkan melalui legenda yang beragam dari satu daerah ke daerah lain. Legenda Minangkabau, silat (bahasa Minangkabau: silek) diciptakan oleh Datuk Suri Diraja dari Pariangan, Tanah Datar di kaki gunung Marapi pada abad ke-11.
Kemudian silek dibawa dan dikembangkan oleh para perantau Minang ke seluruh Asia Tenggara. Demikian pula cerita rakyat mengenai asal mula silat aliran Cimande. Setiap daerah umumnya memiliki tokoh persilatan (pendekar) yang dibanggakan, misalnya Si Pitung, Hang Tuah, dan Gajah Mada.
Usai melaksanakan latihan pencak silat, Pangarmatim melanjutkan olahraga dengan bersepeda keliling komplek dan meninjau fasilitas yang ada di Koarmatim. Sebelum kembali ke Mako Koarmatim, Laksda TNI Darwanto berkesempatan melihat stand-stand Jalasenastri Armatim yang berjajar rapi dengan stand Jalasenastri dari Bakor Surabaya. Pangarmatim juga mencicipi makanan khas buatan ibu-ibu Jalasenastri Armatim bersama Kasarmatim dan Komandan Guspurlatim Laksma TNI Rachmad Jayadi, M.Tr (Han).
Hadir dalam kegiatan olahraga bersama yaitu para Pejabat Utama Koarmatim, para Komandan Satuan jajaran Koarmatim dan para Komandan unsur yang berada di Pangkalan.
 
Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno,S.S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGARMATIM  GIATKAN PRAJURIT BERLATIH PENCAK SILAT