KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGARMATIM BUKA PUASA BERSAMA DENGAN PRAJURIT LANAL MALANG

By 06 Jun 2017 02:14Berita Umum
06 PANGARMATIM BUKA PUASA BERSAMA DENGAN PRAJURIT LANAL MALANG (7)

Malang, 05 Juni 2017

Mengawali Safari Ramadhan 1438 H Tahun 2017, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana  Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P.,  didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur (KDJAT) Ny. Ina Darwanto melaksanakan kegiatan buka puasa  dan sholat taraweh bersama dengan keluarga besar Lanal Malang, bertempat di Gedung Gelombang Samudera Lanal Malang, Jawa Timur. Senin (05/06/2017).

06 PANGARMATIM BUKA PUASA BERSAMA DENGAN PRAJURIT LANAL MALANG (4)Pangarmatim dalam sambutannya menyampaikan, acara buka puasa bersama ini merupakan salah satu upaya untuk mempererat hubungan tali silaturahmi yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan, sehingga akan semakin meningkatkan soliditas dan solidaritas dalam mengemban tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Sampai saat ini kita masih diberikan nikmat sehat, umur panjang, sehingga dapat dipertemukan kembali dengan bulan suci ramadhan 1438 H, dan semoga Ramadhan tahun ini kita dapat melaksanakannya dengan sempurna”, ucapnya.

06 PANGARMATIM BUKA PUASA BERSAMA DENGAN PRAJURIT LANAL MALANG (6)Lebih lanjut, melalui pelaksanaan puasa dan ibadah bulan ramadhan ini seluruh prajurit memiliki kesempatan untuk melakukan intropeksi dan evaluasi terhadap tugas-tugas baik sebagai hamba Allah SWT maupun sebagai manusia, sekaligus mengambil hikmah dari berbagai hal yang telah dilakukan. Kewajiban kepada Allah sejauh mana sudah melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Pangarmatim mengingatkan berkaitan dengan suasana ramadhan marilah kita jadikan momentum untuk terus menciptakan iklim, suasana maupun keadaan menuju yang lebih baik, melalui ketaatan dalam beribadah sesungguhnya kita telah berlatih untuk meningkatkan kedisiplinan dan pengendalian diri serta membina kejujuran dan kesabaran,  karena ibadah puasa pada hakekatnya adalah perjuangan dalam melawan hawa nafsu yang berasal dari dalam diri. Dan juga ibadah puasa merupakan sarana dalam menumbuhkan kepekaan sosial serta menumbuhkan rasa empati dan kasih sayang terhadap sesama sekaligus memotivasi untuk saling membantu bagi yang memerlukan pertolongan.

 Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan beberapa  acara diantaranya pemberian tali asih kepada anak yatim piatu dari panti asuhan Nurul Izzah yang diserahkan langsung oleh Pangarmatim dan KDJAT kepada anak-anak yatim.  Selanjutnya sambil menantikan buka puasa bersama diadakan  khataman Al Qur’an yang dipimpin oleh Letkol Laut (KH) H. Chumaidi Muchsin, S.Ag.

06 PANGARMATIM BUKA PUASA BERSAMA DENGAN PRAJURIT LANAL MALANG (5)Pada acara ini juga diisi Tausiyah atau ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Drs. Mochammad Sony Fauzi pengasuh Panti Asuhan Nurul Izzah Madyopuro Malang menyampaikan bahwa dalam puasa tujuan utamanya yaitu la’allakum tattaquun, “artinya agar kalian bertakwa”. Karena berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus akan tetapi perubahan perilaku sehari-hari selama dan setelah puasa akan membuktikan puasa yang dijalankan tersebut berhasil.

Orang bertakwa itu habluminannas dan habluminallah nya bagus  artinya dengan berpuasa kita memasukan nilai-nilai yang baik untuk kita agar selalu ingat kepada Allah SWT serta menjaga silaturahmi kepada sesama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Irarmatim Kolonel Laut (T) Amrein beserta istri, para Asisten Pangarmatim beserta Istri, Ketua PPAL Rayon F1 Malang, Komandan Lanal Malang Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono S.H., beserta istri, serta seluruh prajurit dan PNS Lanal Malang.

Dispenarmatim.

PANGARMATIM BUKA PUASA BERSAMA DENGAN PRAJURIT LANAL MALANG