KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGARMATIM BUKA LOMBA MTQ DALAM RANGKA HARI ARMADA TAHUN 2016

By 22 Nov 2016 10:45Berita Umum
22-mtq

Surabaya, 22 November 2016

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto S.H., M.A.P., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur (KDJA) Ny. Ina Darwanto membuka secara resmi lomba MTQ Tingkat Koarmatim dalam rangka memperingati Hari Armada tahun 2016, dengan Tema “Mewujudkan Profesionalitas dan Kredibilitas Keluarga besar Koarmatim dengan Akhlaqul Qur’an”, acara berlangsung di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim, Ujung, Surabaya. Selasa (22/11/2016).

Peserta Lomba diikuti perwakilan masing – masing dari Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Koarmatim yang berjumlah 86 peserta diantaranya, Perwira Menengah (Pamen) 11 orang, Perwira Pertama (Pama) 13 orang, Bintara 18 orang, Tamtama 19 orang, Kowal dan PNS 19 orang, serta Jalasenastri 16 orang.

22-mtq-2Pangarmatim dalam sambutannya menyampaikan, penyelenggaran Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Koarmatim bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al Qur’an. “Sebagaimana kita imani bersama Kitab Suci Al Qur’an adalah Kalamullah. Semakin kita yakin akan kebenaran Firman Allah SWT semakin kita baca dengan lantunan yang indah semakin terasa kedamaian dan kesejukan dari pancaran kandungan isinya”, ujarnya.

Musabaqoh Tilawatil Qur’an merupakan salah satu sarana untuk menumbuh kembangkan rasa cinta kepada Al Qur’an yang memiliki andil dalam membentuk karakter prajurit yang memiliki jiwa disiplin, jujur dan taqwa guna mendukung kelancaran tugas kedepannya.

22-mtq-1Oleh karena itulah, siapapun yang membaca Al Qur’an dan menghayati pesan-pesan yang terkandung di dalamnya, akan meningkatkan keimanan dan ketakwaannya. Rasulullah SAW menegaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori, “ Sebaik-baiknya kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya”.

Adapun kriteria penilaian lomba oleh tim dewan juri dari LPTQ Surabaya meliputi Keindahan Suara, Lagu, Tajwid, Fashohah serta keputusan pemenang dari Tim dewan juri mutlak tidak bisa di ganggu gugat.

Hadir pada acara tersebut, Danguspurlatim Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., Irarmatim Kolonel Laut (P) Eko Gudhi Wahyono, S.Sos., Koorsahli Pangarmatim Kolonel Mar Tory Subiyantoro, Para Pejabat Utama Koarmatim, dan Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. I.N.G. Ariawan, Para pengurus Daerah Jalasenastri Armatim dan para Peserta Lomba MTQ tingkat Koarmatim.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman ⁠⁠⁠⁠

PANGARMATIM BUKA LOMBA MTQ DALAM RANGKA HARI ARMADA TAHUN 2016