KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGARMATIM : BHAKTI SOSIAL WUJUD KEPEDULIAN TNI AL TERHADAP MASYARAKAT

By 25 Apr 2017 08:10Berita Umum
25 Pangarmatim Bhakti Sosial Wujud Kepedulian TNI AL terhadap Masyarakat (4)

Surabaya, 25 April 2017.

25 Pangarmatim Bhakti Sosial Wujud Kepedulian TNI AL terhadap Masyarakat (3) Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., secara resmi membuka kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) kerjasama TNI AL dengan Yayasan Baitul Al Khoiriyah Bandung dan International Islamic Charity Organization (IIOO) Kuwait, bertempat di gedung Serbaguna (GSG) Jala Mangkara Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Ramelan  Surabaya, Selasa (25/04/2017).

 Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 25 – 29 April 2017, adapun peserta operasi katarak berjumlah 400 pasien yang masing – masing tiap hari  melayani 100 pasien operasi katarak.

25 Pangarmatim Bhakti Sosial Wujud Kepedulian TNI AL terhadap Masyarakat (2)Dalam Amanatnya Pangarmatim menyampaikan, bhakti sosial operasi katarak ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI AL terhadap Masyarakat yang memerlukan perhatian dan sentuhan sosial agar mampu berperan serta didalam pembangunan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lanjutnya, bahwa penyakit katarak merupakan salah satu penyebab terbanyak gangguan penglihatan dan kebutaan di dunia, yang dapat ditangani dengan hasil baik dan “Costeffective” di berbagai negara termasuk Indonesia.

 Untuk menangani permasalahan kebutaan dan gangguan penglihatan, WHO membuat Program “Vision 2020” yang di rekomendasikan untuk di adaptasi oleh negara – negara anggotanya. Di Indonesia telah dicanangkan sejak tanggal 15 Februari tahun 2000 oleh Presiden RI. Untuk mencapai “Vision 2020”, perlu Komitmen dari Pemerintah baik dari pusat maupun daerah, partisipasi Masyarakat, Swasta dan dukungan dari lintas sektor dalam upaya penaggulangan kebutaan.

Diakhir amanatnya Pangarmatim berharap kegiatan bhakti sosial ini membawa dampak yang positif bagi Bangsa Indonesia khususnya masyarakat Jawa Timur dalam peningkatan derajat kesehatannya.

Hadir pada Acara tersebut diantaranya, Karumkital dr. Ramelan Surabaya Laksma TNI dr. I.D.G. Nalendra, D.I., Sp B., Sp.BTKV (K), Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H.,  Wakil gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.E., Ketua Daerah Jalasenastri Armatim (KDJA) Ny. Ina Darwanto serta .Duta Besar Kuwait Bapak Abdul Wahab AL Sager, Ketua Yayasan Baitul Al Khoiriyah Bandung  Ibu Nadya A. Sodiq Bawazier serta Ibu Sheikha Mariam.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

PANGARMATIM : BHAKTI SOSIAL WUJUD KEPEDULIAN TNI AL TERHADAP MASYARAKAT