KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PALAKSA LANAL YOGYAKARTA HADIRI PEMBENTUKAN JAGA WARGA OLEH GUBERNUR DIY

310517 Yga Jaga Warga dan Kirab-1

Lantamal V (31/5),—

Perwira Pelaksana Pangkalan TNI Angkatan Laut (Palaksa Lanal) Yogyakarta Letkol Laut (P) Siswo Widodo mewakili Komandan Lanal Yogyakarta Letkol laut (P)  Arya Delano menghadiri pembentukan jaga warga yang dilaksanakan di Bangsal Kepatihan Propinsi DIY se-DIY oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, selasa kemarin.

310517 Yga Jaga Warga dan Kirab-2

Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DIY Agung Supriyono, Jaga Warga di DIY terus bertambah . Sampai hari ini jumlah jaganya ada 221, tetapi yang dikukuhkan baru 191.

Jaga Warga tersebut dibentuk sejak tahun 2015 dengan Peraturan Guberur DIY Nomor 9 Tahun 2015 tentang Jaga Warga. Waktu itu ditargetkan 15 Jaga Warga tetapi antusiasnya tinggi sehingga terbentuk 21 Jaga Warga.

310517 Yga Jaga Warga dan Kirab-3310517 Yga Jaga Warga dan Kirab-4

Jumlahnya dari tahun ke tahun semakin meningkat. Jaga warga ini diharapkan bisa menjaga warga dari kemungkinan datangnya ancaman tak terduga. Sultan HB X dalam sambutannya mengatakan Jaga Warga ini bisa memberikan rasa amannya warga masyarakat. Karena dengan adanya reformasi belum terbentuk civil society.

‘’Harapan saya dengan Jaga Warga ini bagaimana masyarakat desa itu terbangun civil society-nya.  Sehingga mereka akan berani mengatakan no (red.“tidak”)  dengan sendirinya terhadap pilihan yang tidak baik bagi masyarakat pada aspek politik, agama, kekerasan dan sebagainya,’’ ujar Sultan.

Raja Keraton Yogyakarta ini juga mengatakan Jaga Warga akan membangun jaringan antar kampung, aparat kepolisian, TNI, pemerintah daerah, lurah, bupati. Mereka bisa memberikan informasi terhadap hal-hal yang terjadi di masyarakat yang tidak mereka inginkan.

Sultan mengakui manajemen Jaga Warga belum dibuat. Manajemen baru akan dibuat setelah adanya masukan dari para Jaga Warga. Karena Jaga Warga ini tumbuh dengan cepat atas permintaan warga. Daripada nanti ketinggalan momen, maka dibentuk dulu.

‘’Harapan saya jaga warga bisa berperan temasuk membantu aktivitas masyarakat.  Karena kita sedang gencar-gencarnya membangun di di level desa, entah berupa desa wisata, desa budaya, desa wisata budaya mandiri bagi seluruh warga. Kami ingin seluruh warga masyarakat nyaman dengan gotong royong dan guyub rukun,’’ujarnya.

“Jaga warga diharapkan dapat mengatasi perselisihan warga, kenakalan remaja genk mencegah jangan sampai terjadi permusuhan atau perkelahian antar kampung,” kata Sultan.

Jaga Warga juga dihimbau mengantisipasi ancaman tidak terduga seperti terorisme. Jaga Warga diharapkan melakukan pendekatan dan proaktif jika ada warga baru yang datang di wilayahnya.

“Jaga Warga ini diharapkan juga menjaga dari ancaman terorisme, narkoba, dan hal-hal yang bisa memecah belah kerukunan warga,” tambahnya.

Join the discussion One Comment

  • Agus wijayanta says:

    Lanal yogyakarta Luar biasa……
    Ditengah kesibukan protokoler selalu bisa menghadiri undangan 2… Yeyeyeye….. Lanal Yogyakarta… Istimewa

PALAKSA LANAL YOGYAKARTA HADIRI PEMBENTUKAN JAGA WARGA OLEH GUBERNUR DIY