KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

MATANGKAN DIVE KARTINI 2018, DANLANTAMAL V TERIMA LAPORAN KESIAPAN PANITIA

270318 Dive Kartini-1

Lantamal V (27/3),—

Matangkan persiapan Dive Kartini Pramuka Saka Bahari Lantamal V dengan agenda pengibaran bendera Merah Putih di dalam laut oleh 214 wanita penyelam di pantai Pasir Putih Situbondo pada Hari Kartini 21 April mendatang, Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Kolonel Laut (P) Edwin, S.H. menerima laporan kesiapan panitia pelaksana.

270318 Dive Kartini-2

Rapat yang digelar di Rupatama Yos Sudarso, Mako Lantamal V, Surabaya, Selasa (27/3) ini dihadiri Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Nana Rukmana, S.E. Asisten Potensi Maritim Danlantamal V Kolonel Laut (P) Atmu Edi, Ketua Panitia yang juga Aspers Danlantamal V Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati,S.Pd., M.AP., pengurus Kwarda Saka Bahari Jatim, Pengurus Kwarcab Saka Bahari Surabaya dan Situbondo serta panitia lainnya.

270318 Dive Kartini-3

Rapat Panitia Dive Kartini Pramuka Saka Bahari Lantamal V tahun 2018 ini, tampak semakin matang, dimana setiap seksi dalam kepanitian melaporkan kesiapannya, mulai dari seksi upacara, perlengkapan dan akomodasi, undangan, hingga seksi dukungan umun dibahas secara rinci.

Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh masukan guna mematangkan rencana pengibaran bendera merah putih yang akan dilaksanakan di pantai Pasir Putih Situbondo pada peringatan hari Kartini tahun 2018 mendatang.

“Saya selaku Ketua Panitia dalam pelaksanaan Dive Kartini Pramuka Saka Bahari Lantamal V tahun 2018 sengaja menggelar rapat ini untuk memperoleh masukan-masukan yang terkait dengan Dive Kartini serta melaporkan kesiapannya kepada Komandan Lantamal V,” ujar Tresna -sapaan akrab Ketua Panitia Dave Kartini 2018 ini.

270318 Dive Kartini-4

Menurutnya, pada pelaksanaan pengibaran bendera di bawah laut ini, akan dilakukan 214 wanita penyelam yang terdiri dari Saka Bahari Jawa Timur, Saka Bahari dari Lanal-Lanal jajaran Lantamal V, Kowal, Polwan, Possi Surabaya, Possi Malang, Possi Gresik, Poltek KP Sidoarjo, Komunitas selam Yogyakarta, Komunitas selam Pasuruan, dan Komunitas selam Situbondo.

Selain itu, panitia juga merencanakan untuk mengundang peserta ke Kwarcab se-Jawa Timur dan diluar wilayah Jawa Timur (Lantamal III/ Jakarta, Lantamal VI / Makassar, Lantamal VIV/ Sorong, Lanal Palembang dan Lanal-Lanal yang lain).

Untuk pemasangan tiang bendera setinggi 21 meter, panitia merencanakan akan dipasang pada tanggal 17 April mendatang, gladi akan dilaksanakan pada tanggal 18 April. Untuk tim yang dari luar Lantamal V akan melaksanakan latihan pada tanggal 15 sampai dengan 16 April 2018.

Sedangkan Tim gabungan Kowal dan Saka Bahari Lantamal V telah melaksanakan latihan selam mulai tanggal 14 Maret 2018 di kolam renang Pasiran dan Krida Tirta Juanda (Kodiklatal) serta latihan selam di Pasir Putih pada 17-19 April 2018 mendatang.

Aspers Danlatamal V juga menambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya Dive Kartini Pramuka Saka Bahari Lantamal V tahun 2018 adalah mewarisi semangat juang Kartini dalam membentuk karakter wanita Indonesia untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan Nasionalisme serta menimbulkan kecintaan kepada NKRI yang berjiwa Bahari.

MATANGKAN DIVE KARTINI 2018, DANLANTAMAL V TERIMA LAPORAN KESIAPAN PANITIA