KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

LATMA HELANG LAUT 19A/18 RESMI DI BUKA

By 06 Aug 2018 15:50Berita Armada
06 LATMA HELANG LAUT 19A18 RESMI DI BUKA (4)

Surabaya, 06 Agustus 2018
Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kadisopslatal) Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M., mewakili Asops Kasal Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos., resmi membuka pelaksanaan Latihan Bersama (Latma) Helang Laut Tahun 2018, bertempat di Aula Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Kolat Koarmada II Surabaya, Senin (06/08/2018).

06 LATMA HELANG LAUT 19A18 RESMI DI BUKA (5)

Latma Helang Laut merupakan agenda latihan rutin tahunan yang digelar oleh TNI Angkatan Laut dan Tentera Laut Diraja Brunei (TLDB)/Royal Brunei Navy (RBN). Latihan bersama ini memiliki manfaat yang cukup tinggi dalam menjalin hubungan bilateral antara Indonesia dan Brunei Darussalam.
Asops Kasal dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kadisopslatal menyampaikan, berbeda dari pelaksanaan latihan sebelumnya, pada latihan bersama kali ini tidak melaksanakan manuver lapangan (Manlap) maupun Field Training Exercise (FTX). Latihan bersama ini dilaksanakan di simulator dengan metode Command Post Exercise (CPE). Namun, kerja sama dan pemahaman antar kedua belah pihak akan sangat menunjang tercapainya tujuan latihan.

06 LATMA HELANG LAUT 19A18 RESMI DI BUKA (1)
Lebih lanjut, Asops Kasal menegaskan bahwa latihan yang dilaksanakan 5 hari di ASTT Puslatlekdalsen Kodiklatal ini akan menitik beratkan pada pada pertempuran multi dimensi yaitu Electronic Warfare (EW), Anti Surface Warfare (ASUW), Anti Submarine Warfare (ASW) dan Anti Air Warfare (AAW), pungkasnya.
Mengakhiri amanatnya, Asops Kasal menyampaikan kepada seluruh peserta latihan untuk memanfaatkan latihan ini dengan baik sehingga pada akhirnya sasaran yang diharapkan akan dapat tercapai secara optimal.

06 LATMA HELANG LAUT 19A18 RESMI DI BUKA (3)
Dalam latihan bersama kali ini, TLDM/RBN mengirimkan 16 orang personel yang dipimpin oleh Commander Rasman Pute, sedangkan TNI Angkatan Laut mengirimkan 20 orang Perwira Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II sebagai delegasinya.

06 LATMA HELANG LAUT 19A18 RESMI DI BUKA (2)

Hadir pada acara tersebut, Dansatkor Koarmada II Kolonel Laut (P) Dato Rusman S.N., S.E., Dansatkat Koarmada II Kolonel Laut (P) Wawan Trisatya Atmaja, S.E., Komandan KRI Sampari (SPR) – 628 Letkol Laut (P) Ferry H. Hutagaol, M.Tr.Hanla serta segenap Perwira Staf Satkor Koarmada II.

Kadispenkoarmada Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LATMA HELANG LAUT 19A/18 RESMI DI BUKA