KOARMATIM - Komando Armada RI II - TNI Angkatan Laut

LATKAMLATIM TA.2018 MEMASUKI TAHAP PENYAMPAIAN DIREKTIF

By 06 Mar 2018 14:02Berita Latihan
06 LATKAMLATIM TA.2018 MEMASUKI TAHAP PENYAMPAIAN DIREKTIF.5

KOARMATIM – Surabaya, 06 Maret 2018

Bertempat di ruang Auditorium Puslatkaprang Koarmatim, kegiatan Latihan Keamanan Laut (Latkamla) T.A 2018, memasuki hari ke dua dengan pembahasan penyampaian Direktif oleh Panglima Koarmatim (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., yang diwakili Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim (Danguskamlatim) Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi, Surabaya, Selasa (06/03/2018).

06 LATKAMLATIM TA.2018 MEMASUKI TAHAP PENYAMPAIAN DIREKTIF.1

Dalam Direktif Pangarmatim kepada kelompok Guskamla I, II dan III, serta Lantamal I, II dan III atau penyerahan Rencana Operasi (RO) dan pem BKO an unsur masing-masing kali ini menyampaikan, menindak lanjuti  situasi peningkatan kerawanan di perairan wilayah timur Indonesia yang berdampak negatif terhadap stabilitas keamanan dan perekonomian bangsa, maka perlu dengan segera mengambil langkah-langkah strategis guna mengamankan laut dari berbagai ancaman serta menindak tegas pelaku pelanggaran hukum di laut.

06 LATKAMLATIM TA.2018 MEMASUKI TAHAP PENYAMPAIAN DIREKTIF.6

“Adanya laporan yang diterima, kondisi perkembangan terakhir di perairan wilayah timur Indonesia seiring berbagai macam kegiatan ilegal seperti ilegal oil, ilegal fishing, ilegal logging, perompakkan dan sebagainya, semua kegiatan tersebut sudah sangat meresahkan dan mengganggu keamanan laut kita” , tegas Pangarmatim.

06 LATKAMLATIM TA.2018 MEMASUKI TAHAP PENYAMPAIAN DIREKTIF.3

Berkaitan dengan hal tersebut dan dengan pertimbangan yang matang, maka Pangarmatim memutuskan untuk melaksankan operasi keamanan laut dalam rangka melaksanakan penegakkan hukum dan menjaga keamanan laut Yuridiksi Nasional. Pangarmatim juga memerintahkan kepada Danguskamlatim selaku Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) untuk memimpin dan mengendalikan taktis operasi Kamla di perairan wilayah timur Indonesia.

Sehingga operasi ini berjalan dengan secara maksimal dengan kekuatan yang kita miliki, maka Asops Pangarmatim akan menyampaikan data kekuatan unur-unsur Komando Armada RI Kawasan Timur yang akan disiapkan untuk BKO ke Guskamlatim.

Lanjutnya untuk menghindari adanya kesalahan prosedur dalam operasi yang akan kita laksanakan ini, maka pahami aturan hukum dan perundang- undangan yang berkaitan dengan penegakan hukum dan menjaga keamanan di laut serta kesamaan pola tindak dalam menangani berbagai bentuk pidana di laut.

Hadir pada acara tersebut para Danlantamal Wilayah Timur dan peserta Latkamlatim T.A 2018.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LATKAMLATIM TA.2018 MEMASUKI TAHAP PENYAMPAIAN DIREKTIF