KOARMATIM - Komando Armada RI II - TNI Angkatan Laut

LATKAMLA TA.2018 SAMPAIKAN MATERI LATIHAN GELAR PERKARA

By 08 Mar 2018 13:48Berita Latihan
08 LATKAMLA MEMASUKI MATERI LATIHAN GELAR PERKARA (3)

KOARMATIM – Surabaya, 08 Maret 2018

Latihan Keamanan Laut (Latkamla) Tahun 2018, memasuki materi latihan gelar perkara, bertempat di ruang Auditorium Puslatkaprang Koarmatim, Ujung, Surabaya, Kamis (08/03/2018).

08 LATKAMLA MEMASUKI MATERI LATIHAN GELAR PERKARA (2)

Latihan Keamanan Laut ini memasuki tahap gelar perkara yang meliputi pengumpulan BAP KRI, dan Penyerahan BAP KRI kepada kelompok Pangkalan I,II dan III, serta penyusunan  Berkas perkara Pangkalan.

Dalam latihan ini di simulasikan ada kapal ikan yang bergerak dari Balikpapan menuju Fishing Ground tertangkap KRI yang sedang beroprasi di wilayah tersebut, selanjutnya kapal ikan yang di periksa oleh ABK KRI sementara temuan awal di kapal ikan kali ini adalah kapal tidak dilengkapi surat ijin (Sipi), buku pelaut tidak ada, membawa senjata tanpa ijin, ditemukan Narkoba berupa Sabu-Sabu seberat 5 KG, melakukan Illegal Fishing dan Illegal Mining. Selanjutnya untuk pemeriksaan lebih lanjut, kapal di bawah ke Pangkalan terdekat yaitu Lanal Nunukan untuk diperiksa.

08 LATKAMLA MEMASUKI MATERI LATIHAN GELAR PERKARA (1)

Selain itu, dilaksanakan pemeriksaan awal dari mulai penangkapan, dugaan pelanggaran, laporan pemeriksaan, proses BAP awal, serta pengawalan untuk dibawah ke Pangkalan terdekat untuk di mintai keterangan dan di bawa ke unit penyelidikan.

Dari penyelidikan di temuan akhir ternyata kapal tersebut telah melanggar aturan undang-undang yang berlaku dengan melakukan Tindak Pidana Perikanan, pelanggaran dengan membawa Narkoba, pelanggaran dengan membawa senpi tanpa ijin dan pelanggaran kepemilikan Emas tanpa dokumen.

08 LATKAMLA MEMASUKI MATERI LATIHAN GELAR PERKARA (4)

Setelah itu, dari hasil pemeriksaan dibuatkan berkas berita acara penyerahan berkas perkara tersangka dan barang bukti selanjutnya di buatkan Telegram penyerahan berita acara pemeriksaan dan barang bukti kepada lanal Nunukan (Kapal,Muatan, dan ABK).

Untuk menghindari adanya kesalahan prosedur dalam operasi, maka pahami aturan hukum dan perundang- undangan yang berkaitan dengan penegakan hukum dan menjaga keamanan di laut serta kesamaan pola tindak dalam menangani berbagai bentuk pidana di laut.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Umum Berita Latihan Berita Olah Raga Berita Sosial
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LATKAMLA TA.2018 SAMPAIKAN MATERI LATIHAN GELAR PERKARA