KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LATIHAN UJI TERAMPIL GLAGASPUR PANGKALAN TINGKAT I (P-1, L-1) DAN TINGKAT II (P-2, L-2) DI MAKO LANTAMAL VII KUPANG

By 07 Oct 2016 00:10Berita Latihan
latihan-uji-terampil

Kupang, 6 Oktober 2016

Gladi Tugas Tempur Pangkalan (Glagaspur) merupakan latihan yang dilaksanakan setiap saat sepanjang tahun secara bertingkat dan berlanjut, tanpa mengurangi fungsi pokok dalam pemberian dukungan logistik dan administrasi serta tugas lain kepada unsur-unsur TNI AL. Untuk dapat mencapai tingkat kesiapan operasional yang di persyaratkan maka dilaksanakan Uji Trampil Gladi Tugas Tempur Pangkalan Tingkat I (P-1/L-1) dan Tingkat II (P-2/L-2), Kamis (06/10/2016).

Tujuan latihan ini sendiri adalah untuk meningkatkan profesionalisme dan ketrampilan personil Lantamal VII dalam melaksanakan prosedur tekhnis maupun taktis serta kodal yang dituangkan dalam setiap rencana operasi bantuan dan operasi pertahanan pangkalan untuk menghadapi tuntutan tugas ke depan.

Sedangkan sasaran latihan itu sendiri adalah untuk terujinya kesiapan teknis dalam mengoprasikan suatu alat dengan benar, cepat dan tepat serta kesiapan personil Lantamal VII guna memelihara naluri tempur saat menghadapi dan mengatasi situasi dan kondisi darurat baik yang di sebabkan oleh lawan maupun bencana alam serta kesiapan perangkat dalam menunjang tugas pokok dan fungsi pangkalan.

Lantamal VII sebagai alat pertahanan dituntut kesiapannya dalam menghadapi dan mengantisipasi berbagai bentuk ancaman yang dapat mengganggu keamanan dan kedaulatan NKRI. Kesiapan personil Lantamal VII berupa tampilan kemampuan dan kekuatan alutsista yang andal, dan profesionalisme prajurit Matra Laut. Pencapaian hasil dari kegiatan pembinaan tersebut diukur melalui latihan Glagaspur ini.

Uji terampil Glagaspur ini dilaksanakan selama 3 hari, dimulai tanggal 6-8 oktober. Pada hari pertama dilaksanakan tes secara tertulis diruang serbaguna, tes tertulis ini diikuti oleh perwakilan masing-masing korps sesuai keahlian baik itu perwira, bintara, tamtama maupun PNS. Lanjut pada hari kedua rencananya akan dilaksanakan uji ketrampilan PHH, PBB, PEK, Bongkar Pasang Senjata, Penaikan Bendera serta hal-hal yang sudah menjadi PDD TNI AL. Dan pada hari ketiga akan dilaksanakan uji terampil L1/L2 yang diikuti unsur-unsur laut yang ada di Lantamal VII Kupang. Dan pada hari ketiga itu juga akan dilakukan evaluasi semua kegiatan yang telah dilaksanakan selam uji terampil di Lantamal VII.

Pen Lantamal VII

 

 

LATIHAN UJI TERAMPIL GLAGASPUR PANGKALAN TINGKAT I (P-1, L-1) DAN TINGKAT II (P-2, L-2) DI MAKO LANTAMAL VII KUPANG