KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LATIHAN KOMUNIKASI “CARAKA” 2017 RESMI DITUTUP

By 21 Apr 2017 07:00Berita Latihan
21 LATIHAN KOMUNIKASI CARAKA 2017 RESMI DITUTUP (3)

Surabaya, 21 April 2017.
Latihan Komunikasi “Caraka” 2017 yang digelar di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang berlangsung sejak tanggal 11 April 2017 resmi berakhir. Acara penutupan dipimpin oleh Sekdiskomlekal Kolonel Laut (E) Lilik Suparyana bertempat di ruang rapat Diskomlekarmatim Ujung Surabaya, Jumat (21/04/2017).
Upacara penutupan berlangsung melalui Video Conference, latihan “Caraka” yang merupakan latihan puncak Komlek yang mencakup aspek komunikasi, pernika, interoperabilty, diikuti oleh seluruh peserta latihan komunikasi dari perwakilan seluruh Kotama dan Pangkalan Angkatan Laut diseluruh wilayah timur dan selaku Pengawas serta Pengendali Latihan adalah Kadiskomlekarmatim Kolonel Laut (E) Sukarnoto, S.T., M.Sc.

21 LATIHAN KOMUNIKASI CARAKA 2017 RESMI DITUTUP (4)Dalam amanatnya Kepala Dinas Komunikasi dan Elektronika TNI AL (Kadiskomlekal) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Ir. Hinsa P.L. Tobing yang dibacakan Sekdiskomlekal melalui Video Conference menyampaikan, dalam latihan Komunikasi TNI AL “Caraka” 2017 agar seluruh peserta lebih giat lagi dalam melaksanakan tugas dimanapun berada, lebih dihayati dan dipahami serta wujudkan sistim Komunikasi Elektronika yang handal dalam mendukung tugas TNI AL menuju World Class Navy.

Lanjutnya, tujuan latihan ini adalah untuk menguji sistem komunikasi yang tergelar dan meningkatkan profesionalisme personel dalam tugas operasi dan latihan. Untuk mencapai sasaran latihan, Kadiskomlekal melalui Kasubdisbangkom memberikan penekanan kepada seluruh peserta latihan untuk berperan aktif dan memaksimalkan kemampuan komlek sampai tingkat unsur dalam SSAT baik secara teknis maupun taktis.
Diakhir amanatnya menyampaikan, tingkat evaluasi kemampuan komlek yang dilaksanakan secara baik, benar dan bertanggung jawab untuk mengukur kesiapan dalam menghadapi tugas-tugas operasi kedepan. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah penekanan keamanan material dan keselamatan personel (zero accident) harus menjadi perhatian dan preoritas oleh seluruh pelaksana dan pelaku latihan.

Hadir dalam upacara penutupan diantaranya, Perwira Diskomlekarmatim, Perwakilan Lantamal, Perwira Kolatarmatim, perwakilan Perwira Puspenerbal dan peserta latihan.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.

LATIHAN KOMUNIKASI “CARAKA” 2017 RESMI DITUTUP