KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL XIV MENGGELAR UPACARA PERINGATAN HARI NUSANTARA TAHUN 2017

198

Sorong, 13 Desember 2017. Wakil Komandan (Wadan) Lantamal XIV Kolonel Mar. Anif Hidayat selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin upacara peringatan Hari Nusantara ke-18 tahun 2017 dan selaku Komandan Upacara (Danup) Kapten Laut (P) Eko Hadi Suwarno, bertempat di lapangan apel Mako Lantamal XIV. Peringatan Hari Nusantara tahun 2017 ini bertemakan “Gotong Royong Dalam Kebhinekaan di Nusantara Guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

Irup membacakan sambutan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, intinya “Deklarasi Djoeanda pada tanggal 13 Desember 1957 merupakan tonggak bagi penyatuan wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia yang utuh dan diantara Pulau yang satu dengan yang lain tidak lagi terdapat laut Internasional. Sebagai Negara kepulauan yang terbesar di Dunia sebagian besar wilayah Indonesia hamper 75% merupakan laut. Momen hari Nusantara selain bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang jatidiri bangsa Indonesia sebagai bangsa Bahari yang hidup di Negara kepulauan bercirikan Nusantara, juga dimaksudkan untuk mengubah mindset terhadap ruang hidup dan ruang dari Matra Darat menjadi Matra Laut”.

Lanjutnya “Presiden Pertama RI Soekarno tahun 1953 menegaskan, usahakanlah agar kita menjadi bangsa pelaut kembali, bangsa pelaut dalam arti seluas-luasnya bukan sekedar menjadi jongos-jongos di kapal, tetapi bangsa pelaut dalam arti kata Cakrawati Samudera. Bapak Presiden Jokowi beberapa kesempatan juga menegaskan, semangat gotong royong akan membuat bangsa Indonesia bukan saja akan sanggup bertahan dalam menghadapi tantangan tapi juga dapat berkembang menjadi poros Maritim Dunia. Kota Cirebon dipilih sebagai lokasi peringatan hari Nusantara tahun ini, tidak lain karena memiliki nilai sejarah berupa pertempuran Angkatan Laut Indonesia waktu itu dengan pasukan Portugis yang dikenal dengan peristiwa Sarwajala”.

Hadir dalam upacara ini Asrena Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Giat Pangaribuan, Asops Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Rapy Ta’dung, S.E., Aslog Danlantamal XIV Kolonel Laut (T) Hotma IDP Sirait, S.T., Para Kadis/ Kasatker Lantamal XIV, Perwira, Bintara, Tamtama Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV, serta ASN Lantamal XIV dan Siswa PKL dari SMK 1 Kota Sorong.

DISPEN LANTAMAL XIV

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LANTAMAL XIV MENGGELAR UPACARA PERINGATAN HARI NUSANTARA TAHUN 2017