KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL XIII TARAKAN MELAKSANAKAN UPACARA HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2018 DALAM RUANGAN

UP_DHARMA1

UP_DHARMA4

TARAKAN – Dalam beberapa hari belakangan ini, Kota Tarakan terus diguyur hujan yang membuat aktivitas masyarakat Tarakan sedikit terhambat. Sampai pagi ini, Senin (15/01/18) Kota Tarakan masih diselimuti mendung tebal yang curah hujannya terus tak kunjung reda sehingga personel Lantamal XIII Tarakan dihari yang bersejarah ini menggelar Upacara Hari Dharma Samudera tahun 2018 di dalam ruang gedung Serbaguna Mako Lantamal XIII.

Tanggal 15 Januari adalah hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia Khususnya bagi TNI Angkatan Laut karena pada 15 Januari 1962 yang silam, telah terjadi pertempuran di laut Aru, dimana Komodor Yos Sudarso sebagai Senior Officer Present Afloat (sopa) on board di R.I. Matjan Tutul yang tertembak kapal perang belanda dan tenggelam, gugur bersama awak R.I. Matjan Tutul. Pengorbanan para pahlawan tersebut, telah menorehkan tinta emas dalam sejarah nasional perjuangan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, untuk mengenang peristiwa heroik tersebut, pemimpin TNI Angkatan Laut menetapkan tanggal 15 Januari sebagai Hari Dharma Samudera.

UP_DHARMA5

Tepat pada pukul 08.35 Wita, seluruh personel Lantamal XIII yang telah siap melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2018 telah berdiri tegak di dalam gedung Serbaguna Mako Lantamal XIII Tarakan dengan susunan pasukan Upacara Parade. Dari peleton terkanan adalah 1 SST para Asisten dan Kasatker Lantamal XIII, 1 SST gabungan Pama Lantamal XIII, 1 SST Bintara Mako Lantamal XIII, 1 SST Tamtama Mako Lantamal XIII, 1 SST Yonmarhanlan XIII, 1 SST PNS Lantamal XIII dan 1 SST Pamen Lantamal XIII. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Wakil Komandan Lantamal XIII Kolonel Marinir Muhammad Nadir, dan bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Mayor Laut (KH) Deny Everezt Haning, SH. yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubdis Kumlater Diskum Lantamal XIII dengan Perwira Upacara Letda Laut (S) Sucipto.

UP_DHARMA2

Pada amanat Inspektur Upacara, Wadan Lantamal XIII Tarakan membacakan amanat Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dalam amanatnya, beliau menyampaikan bahwa dalam upaya melaksanakan tugas TNI Angkatan Laut guna melindungi kepentingan nasional, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Nilai-nilai perjuangan TNI Angkatan Laut yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita seperti sikap ksatria dan berintegritas tinggi, serta bekerja tanpa pamrih, dapat kita jadikan sebagai contoh dalam meningkatkan kualitas prajurit dengan karakter yang tangguh dan dapat diandalkan. Terkait dengan hal tersebut, salah satu kunci keberhasilan perjuangan di masa lalu, yang dapat kita jadikan sebagai pedoman adalah sikap kebersamaan, senasib dan seperjuangan, integritas tinggi, kerja keras, kerja cerdas, tanpa pamrih, serta lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok.

Pada akhir amanatnya, beliau memberikan penekanan kepada seluruh prajurit TNI AL untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita, sebagai kontribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit matra laut dalam pengabdian kepada negara dan bangsa, serta demi terwujudnya TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani serta berkelas dunia.

Dispen Lantamal XIII Tarakan

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LANTAMAL XIII TARAKAN MELAKSANAKAN UPACARA HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2018 DALAM RUANGAN