KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL XIII TARAKAN MELAKSANAKAN SAR & EVAKUASI KORBAN TERBALIKNYA SPEED BOAT REGULER REJEKI BARU KHARISMA

K-3

K-2

TARAKAN, Selasa (25/7) Moda transportasi laut merupakan transportasi yang paling banyak dipakai oleh masyarakan Kalimantan Utara khususnya Tarakan untuk menuju ke kota lain yang berada di pulau yang terpisah. Pukul 09.40 Wita merupakan jam-jam sibuk bagi para pengguna jasa transportasi laut, pada waktu tersebut speed boat  reguler Rejeki Baru Kharisma dengan rute Tarakan – Tanjung Selor dengan nahkoda Aris Rusdianto (Bpk. Boket) tolak dari pelabuhan Tengkayu-I kota Tarakan untuk menuju ke kota Tanjung Selor dengan jumlah penumpang yang terdaftar di manifest adalah 55 orang. Selang 10 menit tolak dari pelabuhan Tengkayu-I Tarakan tiba-tiba speed boat miring kekiri sehingga nahkoda banting setir ke kanan sehingga speed boat terbalik secara tiba-tiba, hingga saat ini penyebab pasti belum diketahui.

Menerima laporan terjadinya kecelakaan laut tersebut, Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni langsung memerintahkan unsur patroli Lantamal XIII untuk melaksanakan SAR, diantaranya adalah Kal Bunyu, Patkamla Sebatik, Patkamla 07, Sae Rider dan Speed boat 40 PK Mamburungan yang langsung memberikan bantuan penyelamatan terhadap korban bencana yang bekerjasama dengan Tim SAR Polair Polres Tarakan, Tim SAR KPLP Tarakan dan Tim SAR Basarnas Tarakan. Pada pukul 10.55 Wita speed boat Rejeki Baru Kharisma berhasil di kandaskan oleh Tim SAR Gabungan yang selanjutnya dilaksanakan pencarian terhadap penumpang.

Data penumpang yang diterima dari Posko SAR di Pelabuhan Tengkayu-I berjumlah 55 orang yang terdiri dari 48 orang dewasa, 4 anak-anak, 1 nahkoda dan 2 Abk. Korban selamat yang telah terdata berjumlah 44 orang (termasuk Nahkoda dan 2 Abk), sedangkan korban meninggal berjumlah 10 orang (dan telah teridentifikasi), dan masih terdapat 1 orang penumpang yang belum terdata.

Korban meninggal dunia dan luka-luka dievakuasi ke RSUD kota Tarakan, dalam proses evakuasi dari TKP ke RSUD Tarakan, Lantamal XIII mengerahkan 2 unit mobil Ambulance  RSAL ilyas Tarakan untuk mempercepat proses evakuasi korban, yang bekerjasama dengan kendaraan ambulan satuan samping dan pemerintah daerah.

Hingga saat ini penyebab kecelakaan terbaliknya speed boat Reguler Rejeki Baru Kharisma masih belum diketahui dengan pasti dan masih dalam penyidikan Polres Tarakan.

Dispen Lantamal XIII

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LANTAMAL XIII TARAKAN MELAKSANAKAN SAR & EVAKUASI KORBAN TERBALIKNYA SPEED BOAT REGULER REJEKI BARU KHARISMA