KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL XIII TARAKAN GELAR UPACARA MEMPERINGATI HARI IBU KE-89 TAHUN 2017

U3

U1

TARAKAN –Mengartikan dan memaknai Hari Ibu tidak dapat dipisahkan dari sejarah panjang perjuangan perempuan Indonesia di masa lalu. Secara historis, Hari Ibu merupakan bentuk  simbolik  dan apresiasi atas nasionalisme dan patriotisme para pejuang perempuan Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan perempuan itu sendiri. Mereka mengadakan Konggres wanita I di Yogyakarta, tepatnya tanggal 22-25 Desember 1928 yang bertujuan untuk menyatukan gerakan kaum perempuan untuk aktif memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan kebebasan kaum perempuan ini merupakan momentum penting dalam sejarah perjuangan perempuan Indonesia. Dalam konggres ini para perempuan menunjukkan pemikiran, sikap dan tindakan kritisnya untuk mengubah dan memperbaiki nasib kaum perempuan demi kemerdekaan dan kemajuan bangsa. Hal ini tentu saja diilhami oleh perjuangan dan perlawanan gigih para pejuang perempuan sebelumnya seperti Cut Nyak Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, R. Dewi Sartika dan lain-lain. Akhirnya pada Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu yang selanjutnya dikukuhkan oleh pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang bukan hari libur tertanggal 16 Desember 1959, yang menetapkan bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan Hari Nasional dan bukan hari libur.

U2

Pagi tadi, Jumat (22/12/2017) pukul 07.45 Wita bertempat di lapangan apel Mako Lantamal XIII Tarakan, seluruh personel Lantamal XIII melaksanakan Upacara Parade dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-89 tahun 2017 yang dipimpin oleh Wakil Komandan Lantamal XIII Tarakan Kolonel Marinir Muhammad Nadir. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Mayor Laut (K) dr. Muhammad Irfan Ilmi, Sp. P. yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubbag Jangklin RSAL Ilyas Tarakan dan sebagai Perwira Upacara adalah Letda Laut (K/W) Erfina Nurmalia, AMD yang sehari-hari menjabat sebagai Paur Kesum Diskes Lantamal XIII. Adapun susunan pasukan upacara terdiri dari 1 unit Korsik Lantamal XIII, 1 SST Pamen Lantamal XIII, 1 SST Pama Lantamal XIII, 1 SST Gabungan Bintara dan Tamtama Lantamal XIII, 1 SST Gabungan Bintara dan Tamtama Yonmarhanlan XIII dan 1 SST PNS Lantamal XIII.

Dalam acara Amanat Inspektur Upacara, Wadan Lantamal XIII membacakan sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Dalam sambutan tersebut, beliau menuturkan bahwa perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara di dalam mencapai tujuan negara serta di dalam memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan seperti bidang pendidikan, ekonomi, sosial, politik, dan hukum. Perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama, sebagai sumberdaya pembangunan sebagaimana target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan jangka panjang maupun tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan sampai tahun 2030. Atas dasar inilah, Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-89 Tahun 2017 mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”, dan sub tema:

  1. Meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri, sejahtera dan bebas dari kekerasan.
  2. Peningkatan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang (kesehatan, ekonomi, pendidikan, kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat dan kuat dalam menyikapi perbedaan budaya).

Beliau juga menyampaikan, bahwa pelibatan dan peningkatan peran kaum laki-laki dan keluarga dalam pembangunan, juga menjadi bagian yang penting dalam rangka penghapusan segala bentuk diskriminasi dan tindak kekerasan lainnya, serta berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa. Sebagai contoh, maraknya berbagai persoalan bangsa dan kompleksitas masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat seperti: kekerasan termasuk tindak pidana perdagangan orang (TPPO), pornografi, Infeksi Menular Seksual dan HIV/AIDS, narkoba, kriminalitas, dan lainnya yang disebabkan karena runtuhnya pondasi ketahanan dalam keluarga. Oleh karena itu, peran keluarga dituntut lebih diperkuat, dibarengi dengan penanaman nilai-nilai kekeluargaan yang apabila dicermati, telah diwariskan oleh para leluhur kita sejak dahulu kala.

Hadir dalam pelaksanaan Upacara tersebut Asrena Danlantamal XIII dan Para Kasatker Lantamal XIII. Perlu diketahui pula bahwa perwakilan prajurit Lantamal XIII Tarakan juga terlibat dalam Upacara Hari Ibu yang digelar oleh Pemerintah Kota Tarakan di ruang terbuka publik, kawasan sport centre, Kelurahan Kampung Empat, Tarakan Timur.

(Dispen Lantamal XIII Tarakan)

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Lantamal dan Lanal Berita Berita Umum Berita Latihan Berita Olah Raga
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LANTAMAL XIII TARAKAN GELAR UPACARA MEMPERINGATI HARI IBU KE-89 TAHUN 2017