KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL XIII TARAKAN GELAR UPACARA HARI ARMADA RI 2017

U5

U2

TARAKAN- Selasa (05/12/2017) Cuaca kota Tarakan yang akhir-akhir ini hampir setiap pagi diguyur hujan, pagi tadi sejak pukul 03.00 Wita kota Tarakan sudah diguyur hujan deras, sehingga Lantamal XIII Tarakan-pun sudah menyiapkan tempat alternatif untuk pelaksanaan Upacara HUT Armada RI tahun 2017 yaitu di ruang gedung serbaguna Mako Lantamal XIII, akan tetapi tepat pukul 08.00 Wita hujan di Kota Tarakan sudah mulai reda, sehingga seluruh personel Lantamal XIII dan Yonmarhanlan XIII langsung menempati Daerah Persiapan (DP) untuk melaksanakan Upacara HUT Armada RI tahun 2017 di lapangan Mako Lantamal XIII.

U3

Dengan semangat tinggi yang ada dalam diri prajurit Lantamal XIII dan dengan disiplin yang tinggi pula, dalam sekejap susunan pasukan sudah siap di daerah persiapan (DP) dengan tertata rapi. Hal ini merupakan wujud syukur seluruh prajurit Lantamal XIII dalam rangka memperingati Hari Armada RI tahun 2017. Bertindak selaku Inspektur Upacara dalam upacara tersebut adalah Wakil Komandan Lantamal XIII Tarakan Kolonel Marinir Muhammad Nadir, dan bertindak selaku Komandan Upacara adalah Mayor Marinir Helmi yang sehari-hari menjabat sebagai Pasiops Yonmarhanlan XIII Tarakan. Sedangkan bertindak selaku Perwira Upacara adalah Kapten Laut (K) Hendro Setia budi. Pengucapan Sapta Marga telah dilaksanakan dengan lantang dan sempurna oleh Serda TKU Galang Panji Satria.

Rangkaian susunan pasukan dalam upacara tersebut terdiri dari 1 unit korsik Lantamal XIII, 1 SST Pamen Lantamal XIII, 1 SST Pama, 1 SST Bintara, 1 SST Tamtama, 1 SST Yonmarhanlan XIII dan 1 SST PNS Lantamal XIII. Adapun pejabat yang ikut hadir dalam upacara tersebut adalah seluruh Asisten Danlantamal XIII dan Kasatker Lantamal XIII.

Dalam penyampaian amanat, Inspektur Upacara membacakan amanat Bapak Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P.. Beliau menyampaikan bahwa pembangunan kemampuan dan kekuatan Armada TNI Angkatan Laut senantiasa diarahkan pada tercapainya pemantapan soliditas di antara komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), namun dilihat dari komposisi alutsista yang tergabung dalam Sistem Senjata Armada Terpadu saat ini, belum sepenuhnya mampu untuk melaksanakan tugas penegakan kedaulatan negara di laut secara optimal.

Menyikapi hal tersebut, kebijakan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut ke depan akan diarahkan pada peningkatan kualitas alutsista serta tercapainya interoperabilitas di antara komponen SSAT yang terdiri dari KRI, Pesawat Udara, Pasukan Marinir dan Pangkalan.

Lanjut beliau, Untuk mewujudkan TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani serta berkelas dunia, pembangunan komponen SSAT harus diikuti dengan peningkatan profesionalisme prajurit, perbaikan manajemen logistik dan mekanisme pemeliharaan alutsista, serta validasi organisasi dengan mengedepankan keterpaduan matra laut dalam kerangka Trimatra Terpadu TNI, sehingga Armada RI yang kuat, hebat dan profesional secara utuh dapat diwujudkan.

Pada akhir amanatnya Bapak Kasal memberikan penekanan untuk dipedomani dalam setiap pelaksanaan tugas, sebagai berikut : Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, sebagai landasan pengabdian dan pelaksanaan tugas. Kedua, tingkatkan disiplin, dedikasi dan loyalitas dengan senantiasa berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, Sebelas Azas Kepemimpinan TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut sebagai jati diri dalam melaksanakan tugas negara. Ketiga, tingkatkan dan pelihara profesiona-lisme dalam menjalankan setiap tugas guna mendukung visi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Keempat, pelihara segenap alutsista yang telah dipercayakan negara dengan sebaik-baiknya. Kelima, pedomani standard operational procedure dan prinsip zero accident pada setiap pelaksanaan tugas, untuk mengurangi terjadinya kecelakaan personel dan alutsista. Keenam, tingkatkan kewaspadaan dan antisipatif terhadap perkembangan situasi lingkungan strategis. Ketujuh, pegang teguh netralitas TNI pada pemilu 2018 dan pemilu 2019 dan Kedelapan, mantapkan soliditas antar komponen TNI dan Polri.

Upacara berjalan dengan aman dan khidmat.

(Dispen Lantamal XIII Tarakan)

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LANTAMAL XIII TARAKAN GELAR UPACARA HARI ARMADA RI 2017