KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL XIII MELAKSANAKAN PENERTIBAN BANGUNAN BARU DI TANAH ASET TNI AL PANTAI AMAL, TARAKAN TIMUR

T2

T4

TARAKAN, Sabtu (30/09) Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni memerintahkan Tim Pengamanan Aset (Tim PA) Lantamal XIII untuk selalu memantau perkembangan lahan aset Lantamal XIII yang berada di Pantai Amal, Tarakan Timur. Penekanan ini disampaikan setelah dilaksanakan Tatap Muka pada 30 Maret 2017 lalu di halaman Kantor Kelurahan Pantai Amal Baru dalam rangka penyelesaian tanah Pantai Amal yang di hadiri Danlantamal XIII, Walikota Tarakan, Forkopimda Kota Tarakan, Kepala BPN Tarakan, Tim Pengamanan Aset Mabesal, Camat Pantai Amal, Lurah Pantai Amal Baru, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Pantai Amal, dimana pada waktu itu telah disepakati “bahwa setelah pertemuan ini tidk ada lagi aktivitas pembangunan baru sebelum proses ini selesai”.

 

Namun, selepas pelaksanaan kesepakatan tersebut Tim PA Lantamal XIII masih menemukan aktivitas warga Pantai Amal yang melaksanakan pembangunan bangunan baru, sehingga Tim PA Lantamal XIII melaksanakan penertiban dengan membongkar bangunan baru tersebut. Pada tanggal 22 September 2017 berada di Jl. Binalatung, Kelurahan Pantai Amal Baru Kecamatan Tarakan Timur, Tim PA Lantamal XIII melaksanakan pembongkaran beberapa saung milik warga yang akan dijadikan tempat jualan dan mengamankan material serta peralatan tukang yang sedang melaksanakan pembuatan pondasi bangunan. Pada  tanggal 27 September 2017 di kelurahan yang sama Tim PA melanjutkan pembongkaran saung milik warga lain yang akan dijadikan tempat jualan.

T3

Kepada awak media, Danlantamal XIII Tarakan melalui Kadispen Lantamal XIII Kapten Laut (P) Ali Siwasiwan, S.Sos memberikan penjelasan atas penertiban tersebut. Kadispen menyampaikan bahwa pihak Lantamal XIII Tarakan hanya melaksanakan penertiban saja karena sebelumnya sudah ada kesepakatan dengan masyarakat setempat bahwa tidak boleh ada bangunan baru, sebelum permasalahan sengketa lahan ini selesai.  Bangunan yang sudah lama berdiri dibiarkan sedangkan yang dirobohkan pihak TNI AL hanya bangunan yang baru saja, yaitu bangunan yang terbuat dari kayu yang rencananya akan dipergunakan sebagai warung makan dan barang bukti hasil bongkaran disimpan di lokasi itu juga, demikian juga pengamanan material dan peralatan tukang batu yang sedang membuat pondasi bangunan baru. “Silahkan menghubungi Lantamal XIII jika mau mengambil kembali material dan peralatan tukangnya”.

Tindakan ini diambil oleh pihak Lantamal XIII karena Ybs pemilik bangunan tidak membongkar bangunannya walaupun sudah diperingatkan.

 

Kadispen juga menjelaskan sejarah dari Aset Lantamal XIII tersebut kepada awak media, bahwa Tanah Pantai Amal diperoleh dan dikuasai TNI AL melalui tukar guling dengan TNI AD dengan kronologis :

a.   Pada Februari 1958 telah dilakukan pertukaran penguasaan dan penyelenggaraan tanah-tanah TNI AD dengan TNI AL berdasarkan surat keputusan Ir. Juanda selaku Menteri Pertanahan RI Nomor : MA/A/367/58 tanggal 27 Pebruari 1958.

b.  Pada Agustus 1963 telah dilakukan timbang terima bangunan dan tanah Angkatan Darat di Pulau Tarakan kepada TNI Angkatan Laut dengan Berita Acara Nomor : 01/PBT/ZIB/1963 tanggal 28 Agustus 1963.

c.  Berdasarkan Peta Situasi Nomor DA.01/PT-1983 tanggal 25 April 1983, aset tanah TNI AL Pantai Amal masuk IKN Nomor : 44446006 terletak di Kelurahan Pantai Amal Baru Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan dengan luas 343.71 hektar.

 

Beberapa data lain tentang aset Tanah Pantai Amal juga ada di Lantamal XIII, dan saat ini Lantamal XIII juga menunggu proses sengketa lahan ini selesai, dan akan melibatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan untuk menemukan solusi bersama untuk menghindari konflik antara TNI AL dan masyarakat Pantai Amal.

Untuk menjaga kondisi aset TNI AL tersebut Tim PA Lantamal XIII senantiasa melaksanakan pemantauan secara berkelanjutan sehingga tidak terkesan ada pembiaran.

 

 

Dispen Lantamal XIII Tarakan

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LANTAMAL XIII MELAKSANAKAN PENERTIBAN BANGUNAN BARU DI TANAH ASET TNI AL PANTAI AMAL, TARAKAN TIMUR