KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL XI GELAR KOMSOS TNI BERSAMA APARAT PEMERINTAH DAN KOMPONEN MASYARAKAT MERAUKE

By 31 Jan 2017 03:47Berita Umum
31 LANT.XI

Untuk memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan antara TNI dengan segenap komponen bangsa, Lantamal XI menggelar Komunikasi Sosial yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Komunikasi Sosial TNI dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Gedung Balai Prajurit Frans Kaisiepo Lantamal XI. (Selasa, 31/01/2017).

Kegiatan Komsos TNI di Lantamal XI mengangkat tema “Melalui Komsos TNI kita jalin silaturahmi antara keluarga besar Lantamal XI dengan aparat pemerintah dan komponen masyarakat dalam rangka mewaspadai Proxy War di wilayah Kabupaten Merauke”. Adapun sasaran yang diharapkan adalah terwujudnya pemahamam masyarakat di sekitar Lantamal XI tentang ancaman nyata bangsa Indonesia saat ini yaitu Proxy War yang telah masuk kesemua lini kehidupan bangsa dan negara, serta perlunya membangun ketahanan wilayah untuk menghadapi ancaman Proxy War dan perlunya membangun kekuatan sosial yang sinergis antara TNI-Rakyat untuk menjaga wilayah dari ancaman Proxy War.
Kegiatan Komsos TNI tersebut, diisi dengan kegiatan ceramah tentang Proxy War yang disampaikan oleh Asintel Danlantamal XI Letkol Laut (T) Totok Noriyanto, S.T., Ceramah Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) disampaikan oleh Kapolres Merauke AKPB Irfan Awaludin, S.H. serta Ceramah tentang Bahaya Narkoba oleh Paur Kestra Diskes Lantamal XI Lettu Laut (K) dr. Arif Wicaksono.
Pada kesempatan tersebut, Komandan Lantamal XI menyampaikan bahwa Merauke merupakan wilayah yang memiliki nilai strategis dimana berbatasan dengan Papua New Guinie dan memiliki penduduk yang heterogen, berbagai macam etnis, suku dan penganut agama. Keragaman atau kebhinekaan yang ada merupakan sebuah kekayaan yang harus senantiasa dipelihara agar senantiasa dalam kondisi aman, tentram dan damai. Untuk itu, Lantamal XI perlu menyelenggarakan Komsos TNI guna menyampaikan pandangan dan pikiran dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan mengajak masyarakat Merauke guna meningkatkan kesadaran bela negara dan mengajak masyarakat Merauke untuk berperan aktif dalam menciptakan keamanan, persatuan dan kesatuan bangsa.
Menanggapi masalah Proxy War, Komandan Lantamal XI mengemukakan bahwa Proxy War merupakan sebuah ancaman baru, sebuah perang tidak langsung dimana pihak musuh menggunakan pihak ketiga untuk memecah belah suatu bangsa dengan menggunakan berbagai macam cara seperti terorisme, radikalisme atau tindak kekerasan, narkoba, penguasaan ekonomi atau mempengaruhi masyarakat melalui media sosial sehingga terbentuk opini negatif tentang bangsa kita.
Dispen Lantamal XI

LANTAMAL XI GELAR KOMSOS TNI BERSAMA APARAT PEMERINTAH DAN KOMPONEN MASYARAKAT MERAUKE