KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL X LAKSANAKAN SHOOTING COMPETITION “DANLANTAMAL X CUP” DALAM RANGKA HUT TNI AL DAN HUT TNI KE-72

20_LANTAMAL_X_LAKSANAKAN__SHOOTING_COMPETITION_DANLANTAMAL_X_CUP_DALAM_RANGKA_HUT_TNI_AL_DAN_HUT_TNI_KE-72__1_

KOARMATIM – Jayapura 20 September 2017

20_LANTAMAL_X_LAKSANAKAN__SHOOTING_COMPETITION_DANLANTAMAL_X_CUP_DALAM_RANGKA_HUT_TNI_AL_DAN_HUT_TNI_KE-72__2_Dalam rangka memperingati Hari Jadi TNI Angkatan Laut pada tanggal 10 September 2017 dan menyongsong HUT TNI ke 72 pada 5 Oktober 2017, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura menggelar lomba menembak Danlantamal X Cup menggunakan Pistol dan Senapan (Laras Panjang) di lapangan tembak Mako Lantamal X Jayapura yang diawali dengan menembak pistol eksekutif yang sifatnya eksebisi, Selasa (19/9/2017).

Komandan Lantamal X Laksma TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M, dalam sambutannya mengatakan, tujuan penyelenggaraan turnamen ini untuk mengakomodir keinginan rekan-rekan petembak yang ada di Papua, untuk berkumpul atau bersilaturahmi mewujudkan Togetherness Shooting Brotherhoods karena sejak April 2016 sampai dengan sekarang belum ada kegiatan lomba/turnamen. Dalam menembak kami berharap agar para pesrta turnamen mengikuti arahan/direktif yang diberikan oleh pimpinan penembakan, sehingga lomba berjalan lancar dan aman. Untuk itu mari kita jaga diri kita dan rekan-rekan di sekeliling kita dengan selalu menerapkan disiplin penembakan.

Lebih lanjut beliau mengatakan menembak merupakan olahraga militer yang semua prajurit pasti pernah melakukannya, namun kita menyadari menembak saat bertempur pasti sangat berbeda situasinya bila kita lakukan pada saat lomba. Karena pada saat lomba menembak harus benar-benar siap baik jasmani maupun rohaninya. Karena untuk menghasilkan hasil yang maksimal petembak yang baik dituntut untuk menguasai perpaduan antara nafas bidikan tekan dan picu yang membutuhkan konsentrasi dan ketenangan dari si petembak.  Disamping faktor kesiapan, mental masing-masing petembak  juga sangat menentukan keberhasilan hasil tembakannya.  Diharapkan kedepan akan mampu melahirkan bibit-bibit petembak yang berprestasi baik di tingkat satuan maupun di tingkat daerah.

Lomba kali ini diikuti oleh 78 petembak pistol dengan kategori Slow Fire dan Rapid Fire dimana juara satu diraih oleh Joko dari Rindam dengan nilai 189,3,  juara dua Reeza dari Brimob dengan nilai 188,4 dan juara tiga Dodi dari Hiu Club Lantamal X dengan nilai 188,2, sedangkan untuk senapan (laras panjang) yang diikuti 90 petembak dengan jarak 100 meter, juara satu diraih oleh Alit dari Raider 751 dengan nilai 127, juara dua Hayun dari Kodim dengan nilai 122,1 dan juara tiga  Heryanto dari Raider 751 dengan nilai 122,1.

Hadir dalam pembukaan lomba menembak ini antara lain Pangdam XVII/Cenderawasih, Danlantamal X Jayapura, Kasdam XVII/Cenderawasih, Wakapolda Papua,  Direktur IPDN, Ketua Perbakin, Pimpinan Perbankan, BUMD dan Injasmar Jayapura.

Dispen Lantamal X Jayapura.

LANTAMAL X LAKSANAKAN SHOOTING COMPETITION "DANLANTAMAL X CUP" DALAM RANGKA HUT TNI AL DAN HUT TNI KE-72