KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL VII KUPANG MENGGELAR LATIHAN SAR TAHUN 2017

DSC_0084QQ

Lantamal VII – Asops Danlantamal VII Kupang  Kolonel Laut (P) Heru Wahyono, S.H. selaku Staf Latihan Mewakili Komandan Lantamal VII Kupang Brigjen TNI (Mar) Dedi Suhendar yang berhalangan hadir, membuka Kegiatan gelar Latihan SAR membuka kegiatan gelar Latihan Search And Rescue (SAR) bekerjasama dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) Kupang di Gedung Serbaguna Markas Komando (Mako) Lantamal VII Kupang, Selasa (26/09/2017).

DSC_0092

Dalam Amanat komandan Lantamal VII yang di bacakan Asops Danlantamal VII mengatakan Kegiatan Latihan SAR dan Evakuasi Medis ini pada hakekatnya adalah kegiatan kemanusiaan yang di jiwai oleh falsafah Pancasila dan merupakan kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia, serta bertujuan meningkatkan kemampuan, kesiapan operasional  prajurit dan unsur-unsur Lantamal VII serta keterpaduan antar instansi terkait serta menguji doktrin dalam melaksanakan tugas operasi pencarian dan pertolongan (SAR) di Laut meliputi pencaian, pemberian pertolongan dan penyelamatan jiwa manusia dari segala musibah, baik dalam Penerbangan, Pelayaran, maupun bencana lainnya.

Selanjutnya, gelar latihan SAR yang ini meliputi materi latihan SAR laut terdiri dari pelajaran teori antara lain pengantar SAR dan filosofih SAR, prosedur dan teknik penyelenggaran SAR, organisasi SAR dan manajemen SAR, teknik  maupun metode pertolongan dan penyelamatan korban di air, teknik penacarian korban dilaut, system komunikasi SAR, sarana prasarana dan perlatan SAR, peraturan dan ketentuan-ketentuan terkini mengenai SAR laut, standarisasi kemapuan personel maupun peralatan SAR laut serta komando dan kendali misi SAR. Materi Praktek lapangan antara lain pengerahan unsur-unsur SAR Lantamal VII maupun instansi terkait, pencarian korban dan kerjsama taktis, pelaksanaan pemadaman kebakaran kapal serta pertolongan dan evakuasi korban dan tindak medis.

DSC_0072

Pelaksanaan latihan Search and Rescue (SAR) Tahun 2017 dilaksanakan di Mako Lantamal VII Kupang di perairan Pulau Semau melibatkan unsur-unsur Lantamal VII yang terdiri dari KAL maupun Patkamla  dan tim medis Lantamal VII serta prajurit Lantamal VII serta unsur-unsur dari Basarnas Kupang.

Dalam pembukaan latihan SAR dan Evakuasi Medis Lantamal VII Kupang, dihadiri oleh Aspers Danlantamal VII Kupang, Para Kadis/Kasatker Lantamal VII, Perwakilan dari Kantor SAR Kupang, Para perwira , Bintara dan Tamtama serta peserta latihan SAR laut.

DSC_0089

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LANTAMAL VII KUPANG MENGGELAR LATIHAN SAR TAHUN 2017