KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL VI LATIH MENTAL DAN KEPRIBADIAN POLISI KEHUTANAN

IMG-20180329-WA0024

Makassar, Untuk meningkatkan mental dan kepribadian personil Polisi Kehutanan (Polhut), dinas kehutanan provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal ) VI menggelar latihan penyegaran bagi anggota polisi kehutanan di lapangan Arafuru Mako Lantamal VI Rabu 28/03/2018.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan mental, fisik dan pengembangan kepribadian juga meningkatkan kemampuan pengetahuan ketrampilan Polhut agar mampu meningkatkan karakter individu dalam hubungan kelompok, peka terhadap lingkungan kerja serta masyarakat dan cinta tanah air.

Dalam amanat Gubernur Sulawesi Selatan DR.H.Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH yang dibacakan Kepala Dinas Kehutanan provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Tamzil saat membuka pelatihan menyampaikan masalah kerusakan hutan akhir akhir ini bukan saja disebabkan oleh gangguan manusia seperti penebangan liar, pencurian kayu, perambahan dan sebagainya, namun juga oleh gangguan alam seperti kebakaran hutan serta hama penyakit.

Untuk mengoptimalkan pengamanan dan pengelolaan hutan sangat di perlukan aparat pengamanan yang professional dan dilengkapi dengan peraturan, pedoman, standard prosedur baku sebagai landasan kerja.

Sesuai dengan namanya, polisi ini mempunyai tugas pokok yaitu menyiapkan, melaksanakan, mengembangkan, memantau, dan mengevaluasi serta melaporkan kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan serta pengawasan peredaran hasil hutan.

Pelatihan akan berlangsung selama delapan hari, dimulai hari Rabu 28 Maret sampai dengan 4 April 2018, selama delapan hari, pelatihan yang diikuti 99 orang peserta ini akan digembleng oleh prajurit professional dari Lantamal VI.

Dalam Pelatihan ini Peserta akan dibekali materi lapangan dan materi kelas diantaranya ceramah umum oleh Gubernur Sulsel DR.H.Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH, PDD Khas TNI AL dan PUDD TNI, Navigasi Darat dan Survival Darat, Pengantar senjata ringan, bela diri, bela Negara, materi team work, dayung perahu karet serta kepemimpinan lapangan.

Setalah pelatihan selesai materi tersebut diharapkan mampu menunjang kinerja Polhut pada saat bertugas nanti.

Pembukaan pelatihan dibtandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kepala Dinas Kehutanan provinsi Sulsel Muammad Tamzil

Turut hadir pada acara pembukaan pelatihan Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman, M.Tr (Han), Dirjen penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan, Kadis Kasatker Lantamal VI

LANTAMAL VI LATIH MENTAL DAN KEPRIBADIAN POLISI KEHUTANAN