KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL V, TUAN RUMAH SOSIALISASI BPJS KETENAGAKERJAAN WILAYAH TANJUNG PERAK SURABAYA

240517 Gathering BPJS-5

Lantamal V (24/5),—

Selain keikutsertaan prajuritnya, Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) sekaligus menjadi tuan rumah Sosialisasi BPJS Ketenaga Kerjaan bagi karyawan perusahaan di wilayah Tanjung Perak yang digelar di Gedung Serba Guna, Mako Lantamal V, Surabaya, Rabu (24/5).

240517 Gathering BPJS-3

Sosialisasi ini kali ini disampaikan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Perak Surabaya yang mengusung tema  “Optmalisasii Peran BPJS Ketenagakerjaan, Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Pekerja”. Gathering dengan para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang didalamnya ada sosialisasi ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah peserta BPJS ketenagakerjaan.

240517 Gathering BPJS-1240517 Gathering BPJS-4

Tampak hadiri Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Nana Rukmana, S. E.,  mewakili Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S. E., M. M., para Asisten Danlantamal V, para Kasatker dan Kadis serta tamu undangan lainnya.

Komandan Lantamal V dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wadan Lantamal V menyatakan pada kesempatan yang baik ini, tim dari BPJS ketenagakerjaan cabang Tanjung Perak  Surabaya akan memberikan penjelasan dan pengarahan secara rinci mengenai   BPJS ketenagakerjaan kepada seluruh  peserta gathering perusahaan dalam rangka optimalisasi peran BPJS ketenagakerjaan  dalam mewujudkan   kesejahteraan   pekerja.

Edi -sapaan akrab Danlantamal V ini -menyatakan perlu diketahui oleh seluruh peserta gathering perusahaan  sekalian melalui  program jaminan sosial ketenagakerjaan, BPJS ketenagakerjaan berkomitmen untuk melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarga, meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja, mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional.

BPJS ketenagakerjaan dilandasi filosofi kemandirian dan harga diri untuk mengatasi risiko sosial ekonomi, kemandirian berarti tidak tergantung orang lain dalam membiayai perawatan pada waktu sakit, kehidupan di hari tua maupun keluarganya bila meninggal dunia, harga diri berarti jaminan tersebut diperoleh   sebagai hak bukan dari belas kasihan dari orang lain.

“BPJS ketenagakerjaan dilakukan secara gotong royong, dimana yang muda membantu  yang tua, yang sehat membantu yang sakit dan yang berpenghasilan tinggi membantu yang berpenghasilan rendah,” pungkas Edi.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Perak Poedji Santoso mengatakan, kehadiran program BPJS Ketenagakerjaan sebagai program perlindungan dasar bagi tenaga kerja seperti diamanahkan melalui UU Nomor 24 Tahun 2011 secara nyata akan dapat meminimalisasi persoalan sosial ekonomi atas musibah kecelakaan kerja, kematian, dan masa tua serta pensiun.

Acara gathering ini digelar dengan tujuan untuk penyegaran kembali program-program yang ada, disamping menyampaikan program-program terbaru yang tentunya lebih baik. “Semoga acara ini dapat menjalin hubungan kekeluargaan yang lebih erat dan meningkatkan kesadaran perusahaan bahwa program BPJS Ketenagakerjaan menjadi peran penting untuk kesejahteraan pekerja dan keluarganya,” harap Poedji Santoso.

Untuk diketahui, seiring dengan perkembangan teknologi, BPJS ketenagakerjaan telah menggunakan aplikasi BPJS TK Mobile. “Fasilitas mobile ini kami sediakan bagi peserta untuk melakukan cek saldo JHT, Simulasi saldo JHT maupun akses cepat layanan call centre maupun lewat sosial media,” ungkapnya.

Kita juga lanjutnya, mendorong kepada perusahaan untuk tertib dalam administrasi kepesertaan dan pembayaran program dari BPJS Ketenaghakerjaan. Karena akan diberi batas waktu sampai akhir September kepada perusahaan supaya memberikan NIK KTP dan  nomor HP karyawannya yang ikut sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk memudahkan informasi melalui sms saldo dan aplikasi android,” jelas Poedji Santoso.

Dalam acara tersebut, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Perak Poedji Santoso menyerahkan secara simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada PHL Lantamal V, penyerahan sertifikat peserta dari kantor cabang BPJS kepada Karumkital dr.Oepomo.

Karumkital dr.Oepomo Letkol Laut (K) dr.  Imam Hidayat, Sp. S.,  diberikan kesempatan untuk sosialisasi Profil Rumkital dr.Oepomo kepada seluruh undangan yang hadir.

Sebagai acara terakhir dalam acara gathering BPJS Ketenagakerjaan, panitia memberikan kesempatan kepada seluruh undangan yang hadir untuk bertanya.

LANTAMAL V, TUAN RUMAH SOSIALISASI BPJS KETENAGAKERJAAN WILAYAH TANJUNG PERAK SURABAYA