KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

Lantamal V Gelar Pendidikan Pendahuluan Bela Negara SMK KAL 2 Surabaya

070818 bela negara-2

Lantamal V, (07/08),—

Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) melalui Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) menggelar Pendidikan Pendahuluan Bela Negara bagi siswa SMK KAL 2 Surabaya, Selasa (7/8).

070818 bela negara-3

Pgs. Kadispotmar Lantamal V Letkol Laut (P) Roni S. mewakili Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H. membuka Pendidikan Pendahuluan Bela Negara SMK KAL 2 Surabaya yang diikuti 39 orang ini di Balai Prajurit Achmad Ichsan,  Komplek TNI AL Tony Sukaton, Jl. Kalianak Timur,  Surabaya.

070818 bela negara-2

Tampak hadiri oleh para Kasatker/Kadis Lantamal V Kepala Sekolah SMK KAL 2 Surabaya beserta staf pembimbing dan para pelatih.

Komandan lantamal V dalam amanatnya yang dibacakan Pgs. Kadispotmar mengatakan kesadaran bela negara itu penting untuk ditanamkan kepada seluruh warga negara, sebagai bentuk revolusi mental sekaligus untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas ancaman guna mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan agama.

Untuk itu lanjutnya,  TNI Angkatan alaut dalam hal ini Lantamal V mempunyai tugas dan fungsi pemberdayaan wilayah pertahanan laut (dawilhanla) diwilayah kerjanya,  salah satunya pembinaan sumber daya manusia dengan melaksanakan kegiatan berbagai bidang guna membantu pemerintah dalam mensejahterakan pembinaan ketahanan wilayah, lingkungan pendidikan melakukan tindakan nyata pada pendidikan pendahuluan bela negara.

Upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara sebagai nilai dasar bela negara ini, mencakup cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan bela negara.

Danlantamal V berharap melalui bela negara akan terbangun karakter disiplin, optimisme, taat hukum, bekerja keras untuk bangsa dan negara, melaksanakan perintah tuhan sesuai agamanya masing-masing guna turut menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Lantamal V Gelar Pendidikan Pendahuluan Bela Negara SMK KAL 2 Surabaya