KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL IX MENERIMA KUNJUNGAN STAF KEMHAN DALAM MENINGKATAN POTENSI MARITIM DI DAERAH PESISIR

Kunjungan Staf Kemhan (2)

Lantamal IX menerima kunjungan dari Staf Kementrian Pertahanan RI, kedatangan Staf Kementrian Pertahanan RI dalam rangka ingin mengetahui peranan TNI khusunya TNI Aangkatan Laut Lantamal IX Ambon dalam rangka pengembangan potensi Maritim di Wilayah Masyarakat pesisir dengan menghadirkan narasumber Kepala Desa Galala Bpk. John van Capelle dan Sekretaris Desa Halong Bpk. Yulianus Wattimury. Rombongan di sambut oleh Asisten Intelijen (Asintel) Komandan Lantamal IX Ambon Kolonel Marinir Said Latuconsina. Adapun selaku Ketua Tim Staf Kementrian Pertahanan RI Kolonel Inf Edy Sutrisno didampingi Bambang Handoyo Lukito dari Lembaga Psikologi Jakarta. Kamis, (27/04/2017).

Asintel Danlantamal IX menjelaskan bahwa, dimana tugas pokok TNI AL adalah menjaga dan mempertahankan laut NKRI, selain itu  harus bisa mengolah kekayaan dan potensi maritim di Wilayah Masyarakat Pesisir. Selama ini Lantamal IX sudah melaksanakan berbagai macam kegiatan untuk pembinaan Masyarakat daerah pesisir Maluku diantaranya tentang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), yakni dengan cara melaksanakan kegiatan Pramuka Saka bahari. Kegiatan seperti ini merupakan salah satu pembinaan maritim khusunya SDM yang berada di pesisir kepulauan Maluku yang nantinya bisa menjadi penerus dalam hal pengembangan potensi laut.

Kepala Desa Galala dan Skretaris Desa Halong menambahkan bahwa Lantamal IX Ambon sudah melakukan pembinaan potensi maritim di wilayah Maluku. Misalnya dengan mengadakan perlombaan tradisional kemaritiman, antara lain dayung, lomba hias perahu semang dan lomba memancing, penanaman mangrove dan terumbu karang. Hal ini menunjukkan bahwa TNI AL sudah dekat dengan rakyat Maluku.

Diharapakan implementasi pembinaan potensi maritim pertahanan Negara di bidang maritim/Binpotnaskuatmar (Bina Potensi Nasional Kekuatan Maritim) dapat terus ditingkatkan agar terciptanya lingkungan yang kondusif dan mewujudkan komponen cadangan dan pendukung untuk memperkuat postur. Selain itu harus dapat menjaga citra positif TNI AL dengan Masyarakat.  Staf Kementrian Pertahanan RI akan mengunjungi satuan – satuan TNI yang berada di Wilayah Maluku. (DISPEN LANTAMAL IX).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LANTAMAL IX MENERIMA KUNJUNGAN STAF KEMHAN DALAM MENINGKATAN POTENSI MARITIM DI DAERAH PESISIR