KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL IX GELAR UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI KE – 72

LANTAMAL_IX_GELAR_UPACARA_HUT_KEMERDEKAAN_RI_KE__2_

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal ) IX Ambon menggelar Upacara detik-detik Proklamasi Republik Indonesia ke 72 tahun 2017 di Lapangan Apel Mako Lantamal IX dengan dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Imam Sopingi serta selaku Komandan Upacara (Danup) Letkol Laut (P) Yiek Makhmud Augusza. Kamis, (17/08/2017).LANTAMAL_IX_GELAR_UPACARA_HUT_KEMERDEKAAN_RI_KE__3_

Pada rangkaian upacara Irup membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang menyampaikan bahwa peringatan ini merupakan saat yang tepat untuk kembali mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa. Jutaan pahlawan bangsa yang dikenal maupun tidak dikenal telah gugur di medan pertempuran melawan penjajah, bahkan tidak sedikit para pejuang bangsa yang harus menghabiskan sisa hidupnya dengan cacat fisik maupun mental, kesemuanya dilandasi dengan ketulusan demi Indonesia merdeka.

Lebih lanjut disampaikan, Patriotisme dan Nasionalisme pendahulu kita akan menjadi sia-sia jika kita generasi pembangunan hanya menjadikan catatan sejarah perjuangan para pahlawan sebagai cerita masa lalu.

“Semangat heroik para pahlawan harus dijadikan sebagai nilai-nilai luhur bangsa, tidak untuk berjuang melawan penjajah tetapi untuk membangun kehidupan bangsa yang adil, makmur dan bermartabat”. Imbuhnya.

Selain itu dikatakan bahwa Indonesia Kerja Bersama menjadi tema yang diangkat sebagai semangat pada perayaan 72 tahun Indonesia merdeka kali ini. Tema tersebut bermakna sebagai esensi sekaligus ajakan kepada segenap masyarakat Indonesia untuk saling merangkul dan mengedepankan azas kebersamaan.

TNI Angkatan Laut harus terus meningkatkan kinerja dan melanjutkan pengabdian dalam mendukung program pembangunan Nasional. Selain itu, TNI Angkatan Laut harus mampu membina dan memberdayakan potensi maritim serta sarana dan prasarana Nasional untuk digunakan bagi kepentingan pertahanan Negara.

Program penguatan sektor kemaritiman melalui visi poros maritim dunia, sambungnya, menjadi momentum kebangkitan pengelolaan sumber daya laut serta meraih kembali sejarah kejayaan Bahari Bangsa Indonesia, sehingga dapat menumbuhkan semangat generasi muda bangsa untuk mencintai laut dan mendayagunakan kekayaan yang ada di dalamnya. (DISPEN LANTAMAL IX).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LANTAMAL IX GELAR UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI KE - 72