KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL IX BERSAMA IBI RANTING BAGUALA LAKSANAKAN PEMERIKSAAN IVA DAN SADANIS

LANTAMAL IX BERSAMA IBI RANTING BAGUALA LAKSANAKAN PEMERIKSAAN IVA DAN SADANIS (3)

LANTAMAL IX BERSAMA IBI RANTING BAGUALA LAKSANAKAN PEMERIKSAAN IVA DAN SADANIS (3)

Lantamal IX yang melibatkan personel Kesehatan Rumkital dr.F.X. Suhardjo Lantamal IX bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting Baguala Ambon dan Wadah Pelayanan Perempuan Jemaat Gereja Pniel melaksanakan pemeriksaan IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) dan Sadanis (periksa payudara secara klinis). Kegiatan dilaksanakan di Gereja Pniel Wayame teluk Ambon, acara dibuka langsung oleh Ketua Majelis Gereja Pniel Jonathan Siwalete. Kamis, (11/05/2017).

Kegiatan ini bertujuan untuk menekan jumlah angka kematian karena kanker serviks (kanker leher rahim) yang masih tinggi. Dimana kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling dapat dicegah dan paling dapat disembuhkan dari semua kasus kanker. Di dunia setiap dua menit seorang perempuan meninggal karena kanker serviks.

Kanker serviks dapat dikenali pada tahap pra kanker, yaitu dengan cara mencegah dengan imunisasi maupun dengan melakukan pemeriksaan skrining, artinya melakukan pemeriksaan tanpa menunggu keluhan. Dalam hal ini pemeriksaan yang dilaksanakan Rumkital dr.F.X. Suhardjo dan IBI Ranting Baguala, gratis tanpa dipungut biaya. Selain itu juga dilaksanakan pemeriksaan Sadanis (periksa payudara secara klinis).

Diharapkan nantinya akan lebih banyak lagi perempuan usia produktif yang melakukan pemeriksaan deteksi dini IVA dan pemeriksaan payudara secara klinis (Sadanis) sehingga dapat menurunkan penderita kanker serviks dan kanker payudara di Indonesia khususnya di Ambon Maluku. (DISPEN LANTAMAL IX).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LANTAMAL IX BERSAMA IBI RANTING BAGUALA LAKSANAKAN PEMERIKSAAN IVA DAN SADANIS