KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANTAMAL IX AKAN TANAM TERUMBU KARANG DI HUKURILA

By 31 Jan 2017 03:45Berita Umum
LANT IX
Terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang terdiri dari sekelompok binatang karang yang membentuk struktur kalisum karbonat, semacam batu kapur. Ekosistem ini menjadi habitat hidup berbagai satwa laut seperti sebagai  tempat tinggal, tempat berlindung, tempat berkembang biak (spawning ground), tempat pembesaran (nursery ground), dan tempat mencari makanan (feeding ground) bagi ribuan biota laut yang tinggal di dalam dan di sekitarnya.
Banyak aktivitas manusia yang merusak karang seperti penggunaan bom untuk menangkap ikan, potassium dan pencemaran sampah serta aktivitas lainnya. Oleh sebab itu diperlukan aksi penyelematan terumbu karang yang diharapkan mampu menyelamatkan potensi kekayaan laut Indonesia melalui upaya melindungi, melestarikan dan memanfaatkan sumber daya terumbu karang secara berkelanjutan. Selain itu upaya tersebut juga untuk menjamin kelestarian dan keanekaragaman hayatinya untuk generasi saat ini maupun yang akan datang.
Salah satu pihak yang ikut peduli terhadap penyelamatan terumbu karang Indonesia adalah TNI AL yang sudah berulang kali melaksanakan kegiatan penanaman terumbu karang diberbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah penanaman terumbu karang di Desa Hukurila Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon oleh Lantamal IX pada hari Senin tanggal 30 Januari 2017 yang akan dihadiri oleh Danlantamal IX Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono S.E., M. Tr  (Han), FKPD Maluku, Bank Mandiri dan undangan lainnya. Kegiatan yang dikemas dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tersebut akan melibatkan penyelam baik dari TNI AL maupun instansi lainnya serta perorangan maupun klub selam.
DISPEN LANTAMAL IX

LANTAMAL IX AKAN TANAM TERUMBU KARANG DI HUKURILA