KOARMATIM - Komando Armada RI II - TNI Angkatan Laut

LANAL NUNUKAN LAKSANAKAN PATROLI KAMTAS BERSAMA

N4

N3

NUNUKAN – Kamis (24/05/18). Pangkalan TNI AL Nunukan, melaksanakan patroli Keamanan laut terbatas  dengan unsur, Polairud Nunukan, KSOP Nunukan, KSKP Nunukan. Kegiatan operasi bersama ini yang akan dilakukan selama satu bulan, bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat terutama dalam bulan Ramadhan sampai dengan Lebaran nantinya. Hal ini merupakan langkah untuk mengantisipasi masuknya kelompok radikal dan barang illegal lainya di wilayah Nunukan. Diharapkan operasi yang dilakukan secara bersama ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna laut. Karena masyarakat Nunukan menjadikan laut sebagai akses lalulintas yang menjadi kebutuhan sehari hari.

N5

Adapun tujuan operasi bersama Kamlatas Tahun 2018 Lanal Nunukan ini adalah melakukan antara lain Pendataan ulang seluruh Kapal cepat/Speedboat secara real di lapangan,  Pemeriksaan kelengkapan dokumen Kapal dan Speedboat, Pemeriksaan alat keselamatan Kapal dan Speedboat, Pemeriksaan dokumen pelintas batas dan muatan illegal, Sebagai antisipasi masuknya jaringan teroris ke Indonesia melalui Nunukan, Sebagai antisipasi menyambut bulan Ramadhan dan libur bersama Idul fitri 1439 H.

Ikut dalam dalam operasi bersama Kamlatas tersebut Pjs. Pasops Lanal Nunukan Lettu Laut (P) Aris Yuwono, Ka KSKP Nuk AKP I Eka Berlin beserta 4 anggota, Dankal Bokori beserta anggota, Danpatkamla Sei Ular beserta anggota, Danunit Intel Lanal Nuk Lettu Laut (P) T. B. Gunawan beserta 1 anggota, Kapos Polairud Iptu Satino beserta 2 anggota,  KSOP Nuk Wiwin Karama beserta 1 orang anggota dan Pers/Wartawan Radar Nunukan.

 Unsur-unsur yang terlibat dalam patrol kamtas tersebut terdiri dari KAL Bukori Lanal Nunukan, Patkamla Sei Ular Lanal Nunukan, Speeboat KSOP dan Speedboat KSKP. Dari hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan selama operasi bersama berlangsung adalah

  1. Mayoritas Speedboat penumpang 40 PK rute pelabuhan Rakyat Sei Bolong – Bambangan dan sebaliknya, dokumen banyak yang kurang lengkap (Sertifikat keselamatan Kapal dan pas kecil).
  2. Alat keselamatan Kapal/Speedboat/Perahu (Life jacket banyak yg rusak/kurang)
  3. Tidak ditemukan barang-barang Ilegal/Narkoba selama pemeriksaan penumpang dan barang yang melintas di Perairan Nunukan.
  4. Selama pendataan dan pemeriksaan dokumen/surat-surat kelengkapan angkutan laut ditekankan kepada Motoris/Capten Kapal dan speedboat agar melengkapi dokumen-dokumen dan memperbarui surat2 pelayaran yang sudah habis masa berlakunya serta melengkapi kelengkapan alat keselamatan Kapal/Speedboat/perahu.
  5. Bagi motoris yang tidak lengkap dokumen/surat-surat Kapal, diberikan peringatan dan membuat surat pernyataaan bahwa apabila dikemudian masih ditemukan kesalahan yang sama, maka akan diproses lebih lanjut.

 Demikian keterangan yang disampaikan oleh Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) M. Machri Mokoagow, S.Tr.Hanla kepada awak media Nunukan.

Dispen Lantamal XIII

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LANAL NUNUKAN LAKSANAKAN PATROLI KAMTAS BERSAMA