KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

LANAL NUNUKAN BANGUN MCK DAN SUMUR BOR UNTUK MASYARAKAT DI PERBATASAN

M1

M2

NUNUKAN – Jumat, (15/12/2012) Dalam pasal 7 ayat (1) UU RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI yang berbunyi bahwa Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Diperjelas lagi dalam pasal 7 ayat (2) bahwa tugas pokok dibagi menjadi 2 yaitu berupa Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Saat ini kondisi Indonesia yang berada dalam keadaan damai dan tentram maka peran TNI banyak melaksanakan OMSP salah satunya adalah dengan melaksanakan karya bhakti untuk membangun daerah tertinggal.

Dalam upaya membangun wilayah perbatasan, pagi tadi pukul 08.30 Wita, Pangkalan TNI AL Nunukan melaksanakan karya bhakti membangun MCK dan sumur bor bagi masyarakat perbatasan. Bertempat di desa Binalawan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Ari Aryono, S.E melaksanakan peletakan batu pertama dalam pembuatan MCK dan Sumur bor yang ditempatkan di lahan milik H. Asnan ketua RT. 08 Desa Binalawan.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Danki Satgasmar Ambalat XXII Kapten Mar Vardi Jang Hariyanto, Paspotmar Lanal Nunukan Lettu Laut (KH) Prasetyo Permadi, Danposal Sei Taiwan Letda Laut (P) Erman, Camat Sebatik Barat dalam hal ini akan diwakili oleh Sekcam bapak Sawaludin, Kapolsek Sebatik Barat Iptu Sugimin, Babinsa Sebatik Barat Sertu Sunarko dan Kades Binalawan bapak Tarman.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Nunukan menyampaikan bahwa kegiatan yang kita laksanakan ini adalah amanah dari Staf Teritorial Mabes TNI yang harus kita laksanakana sekaligus merupakan tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang. Kegiatan karya bhakti ini dilaksanakan oleh Mako Lanal Nunukan kaitannya dengan kebutuhan air bersih yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat perbatasan khususnya masyarakat desa Binalawan. Lanjut beliau, harapan kita kedepan bahwa apa yang kita bangun ini benar-benar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat perbatasan khususnya di desa Binalawan.

(Dispen Lantamal XIII Tarakan)

 

LANAL NUNUKAN BANGUN MCK DAN SUMUR BOR UNTUK MASYARAKAT DI PERBATASAN