KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KRI TELUK BINTUNI-520 LINLA DARI SURABAYA MENUJU JAKARTA BERHASIL EVAKUASI JENAZAH

By 02 Nov 2017 15:04Berita Operasi
01_KRI_TELUK_BINTUNI-520_LINLA_DARI_SURABAYA_MENUJU_JAKARTA_BERHASIL_EVAKUASI_JENAZAH__3_

Semarang, 01 Nopember 2017

Melalui anggota pengawas yang sedang berdinas jaga di anjungan melihat benda terapung saat lintas laut dari Pangkalan Koarmatim Surabaya menuju Jakarta. Setelah dilihat secara jeli dan KRI Teluk Bintuni-520 semakin mendekat benda tersebut ternyata sesosok jenazah ditemukan mengambang di tengah laut. Rabu, (01/11/2017).

01_KRI_TELUK_BINTUNI-520_LINLA_DARI_SURABAYA_MENUJU_JAKARTA_BERHASIL_EVAKUASI_JENAZAH__2_

Selanjutnya Perwira Jaga melaporkan kejadian tersebut kepada Komandan KRI Teluk Bintuni yaitu Letkol Laut (P) Yusuf Yanto, M.Tr.(Hanla).,  dengan sigap komandan memerintahkan ABK kapal untuk mendekat ke jenazah, dan hasil identifikasi sementara oleh pihak dokter KRI Teluk Bintuni 520, jenazah itu menggunakan baju kaos berwarna coklat dengan motif batik, kaos dalam putih, celana panjang hitam dan tidak ditemukan tanda-tanda pengenal.

Ciri-ciri luar jenazah tersebut berambut pendek warna hitam, mata lengkap, hidung lengkap, bibir atas hilang, jari tangan dan jari kaki lengkap, jenazah diperkirakan kurang lebih lima hari mengapung di laut. Penemuan mayat berada pada lintang bujur 06 10 00 S – 118 28 30 T di perairan Laut Jawa sebelah Utara Semarang Halu 280.

Melalui perjuangan berat anggota kru LCVP KRI Teluk Bintuni-520 dengan ombak yang tidak bersahabat akhirnya berhasil mendekat dan mengangkat jenazah tersebut ke atas kapal perang yang membawa Tim Satgas untuk mengikuti  MPC (Middle Planing Conference) Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 di Jakarta.

Selanjutnya setelah berhasil dibawa naik ke geladak KRI Teluk Bintuni 520,  jenazah yang belum diketahui identitasnya  dievakuasi akan diperiksa lebih lanjut di Lanal terdekat yaitu Lanal Semarang, melalui jalur laut yang diterima dan diangkut oleh Basarnas dibantu anggota Lanal Semarang serta pihak Kepolisian setempat.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KRI TELUK BINTUNI-520 LINLA DARI SURABAYA MENUJU JAKARTA BERHASIL EVAKUASI JENAZAH