KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KRI SIM-367 SUKSES MENGEMBAN MISI AMAN EXERCISE TA.2017

By 07 Mar 2017 09:37Berita Operasi
07 sambut kri sim (3)

Surabaya, 07 Maret 2017.

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., menyambut kedatangan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM) ) – 367 dengan Komandan  KRI Letkol Laut (P) Rio Henrymuko Yumm usai mengikuti Latihan Bersama (Latma) Multinasional AMAN 2017 di Pakistan sejak keberangkatannya 20 Januari 2017, bertempat di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya. Selasa, (07/03/2017).

07 sambut kri sim (2)Dalam penyambutan tersebut, Pangarmatim memberikan pengalungan bunga kepada Komandan KRI SIM-367 yang dilanjutkan ucapan selamat datang kepada 102 prajurit TNI AL di geladak KRI. Keberhasilan melaksanakan latihan ini bertujuan untuk membangun persamaan persepsi guna meningkatkan interoperability antara TNI Angkatan Laut regional dan non-regional demi terwujudnya situasi lingkungan maritim yang kondusif, ujar Pangarmatim.

Pangarmatim dalam wawancaranya dengan wartawan menyampaikan, suatu kegiatan diplomasi antar negara KRI SIM-367 berhasil melaksanakan Latma Multinasional AMAN di Karachi, Pakistan. Diikuti 23 negara, latihan AMAN 2017 inti utamanya adalah membangun dan mempererat hubungan antara Indonesia dan negara-negara peserta dimana suatu misi diplomasi yang dilaksanakan oleh 07 sambut kri sim (4)KRI SIM-367 menyertakan Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim dalam latihan yang telah berlangsung empat hari dimulai tanggal 10 s.d.14 Februari 2017, sedangkan perjalannya berangkat dari Koarmatim hingga kembali ke pangkalan Surabaya berlangsung selama 47 hari.

Lanjutnya, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam latihan AMAN 2017 di Pakistan diantaranya adalah kegiatan peperangan udara, permukaan dan di bawah permukaan juga ada latihan-latihan khusus yang diperankan oleh pasukan katak kita mendapatkan tanggapan sangat positif dari Angkatan Laut Pakistan. Diplomasi itu sudah berjalan oleh kru kita melalui mengenalkan Indonesia melalui pentas seni dan budaya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., Komandan Guspurlatim Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., Pater Sahli Pangarmatim Kolonel Mar Tory Subiyantoro, beserta para Sahli Pangarmatim, para Asisten Pangarmatim, para Komandan Satuan jajaran Koarmatim, dan para Kasatker Koarmatim, serta para Komandan Unsur yang berada di Pangkalan.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

KRI SIM-367 SUKSES MENGEMBAN MISI AMAN EXERCISE TA.2017