KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KRI BUNG TOMO- 357 DIKAGUMI TENTARA IRLANDIA DAN FINLANDIA

By 20 Feb 2017 21:08Berita Umum
20 TENTARA IRLANDIA DAN FINLANDIA KAGUMI KRI BUNG TOMO- 357 (2)

Beirut, 17 Februari 2017

KRI Bung Tomo- 357 sebagai salah satu kapal perang terbaru jenis Multi Role Light Fregate (MRLF) milik Indonesia yang tergabung dalam Maritime Task Force  (MTF) UNIFIL menjadi favorit kalangan sipil maupun militer untuk dikunjungi. Selama bertugas di Lebanon sejak tahun 2015 hingga sekarang, KRI Bung Tomo- 357 selalu menarik minat para pelajar, pejabat sipil dan terutama pihak militer negara lain untuk melihat secara langsung teknologi yang dimiliki oleh KRI yang berada di jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmatim ini.

20 TENTARA IRLANDIA DAN FINLANDIA KAGUMI KRI BUNG TOMO- 357 (1)Kali ini sebanyak 4 Perwira dan 19 Bintara/Tamtama Angkatan Laut dari negara Irlandia dan Finlandia yang tergabung dalam Irishfin Battalion berkunjung ke KRI Bung Tomo-357 yang disambut langsung oleh Komandan Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII- I/UNIFIL di geladak heli KRI Bung Tomo- 357. Dalam sambutannya Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo selaku Komandan KRI dan sekaligus sebagai Dansatgas mengucapkan selamat datang kepada personel tentara Irlandia dan Finlandia yang berkesempatan hadir pada kunjungan tersebut, dan berharap semoga dengan kunjungan ini bisa mempererat hubungan baik antar kontingen yang sedang bertugas di UNIFIL khususnya antara tentara Indonesia dengan angkatan bersenjata Irlandia dan Finlandia.

Acara dilanjutkan dengan paparan singkat tentang KRI Bung Tomo-357 yang tergabung dalam Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL serta kiprahnya selama menjalankan misi perdamaian di Laut Mediterania Lebanon. Selain sebagai penjaga perdamaian, Prajurit KRI Bung Tomo- 357 juga membawa misi diplomasi melalui gelar seni dan budaya tradisional Indonesia yang ditampilkan pada event event penting di Lebanon. Dan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Lebanon dibandingkan dengan kapal kapal MTF yang lain.

Seluruh pengunjung kemudian diajak ke haluan KRI Bung Tomo- 357 untuk foto bersama dilanjutkan dengan Ship Tour ke anjungan, geladak persenjataan, ruang kendali permesinan dan beberapa tempat lain. Di sela sela Ship Tour, Irishfin Battalion Commander Lieutenant Colonel Howard Stephen menyatakan kekagumannya pada performa Prajurit dan kecanggihan KRI Bung Tomo- 357 yang bisa menjadi contoh bagi Angkatan Laut di negaranya.

Oleh karena itu, sebelum meninggalkan kapal, Perwira Menengah Irlandia ini menyempatkan diri untuk memberikan komentar dan kesan singkat kepada para Prajurit KRI Bung Tomo- 357. “Saya beserta pasukan saya merasa terhormat dan beruntung berkunjung ke sini. Kalian adalah crew yang profesional dan KRI Bung Tomo- 357 adalah kapal perang yang tangguh. Saya ucapkan terima kasih banyak atas sambutan yang sangat ramah ini “, ucapnya.

Acara kunjungan ini ditutup dengan pertukaran Plakat antara Dansatgas Maritim TNI KONGA XXVIII- I/UNIFIL dengan Komandan Batalyon Irishfin Letkol Stephen Howard.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

 

KRI BUNG TOMO- 357 DIKAGUMI TENTARA IRLANDIA DAN FINLANDIA