KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KRI AHP-355 DAN JAJARAN LANTAMAL VIII DIBITUNG AKSI PERAN KEBAKARAN KMP CANTIKA LESTARI-77 DI SELAT LEMBEH

2

Seluruh jajaran dan unsur ABK KRI AHP-355, Satkamla, Fasharkan Bitung aksi membatu mengevakuasi dan mengkoordinir proses pemadaman kebakaran yang terjadi pada KMP Cantika Lestari-77 di Selat Lembeh Bitung.
Menurut keterangan Komandan KRI AHP-355 Letkol Laut (P) Endra Hartono bahwa kebakaran KMP Cantika Lestari – 77 terjadi pada pukul 15.14 WIT yang posisinya sedang bersandar di Dermaga dock yard 25 meter dari buritan KRI AHP-355 pada saat itu KRI AHP-355 posisi sandar di dermaga Samla Bitung dan sedang melaksanakan peran cuaca buruk dikarenakan hujan lebat dan angin kencang tiba-tiba terlihat asap mengepul di atap KMP Cantika Lestari – 77.
Divisi jaga dan Personel KRI AHP-355 segera membantu melaksanakan peran penanggulangan kebakaran menggunakan PK (Perahu Karet) dengan berkoordinasi awal dengan tim PEK Fasharkan, PEK Pelabuhan Bitung dan PEK Pertamina serta membantu proses pemadaman api.
Selain itu KRI AHP-355 menurunkan sekoci RHIB lambung kiri dan
menggunakan selang hidrant. Akibat kejadian tersebut KMP Cantika Lestari – 77 diperintahkan untuk menjauh dari kapal kapal yang di sandar dan segera menuju ke tengah perairan Selat Lembeh. Kegiatan dilanjutkan dengan peran sekoci guna membantu proses evakuasi ABK yang masih terjebak didalam kapal dan memerintahkan beberapa kapal ikan yang ada di sekitar membantu pergerakan kapal.
Pada pukul 17.30 kebakaran berhasil dipadamkan dan KMP Cantika Lestari – 77 di bawa keluar alur untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Kesigapan personel TNI AL khususnya ABK KRI AHP-355 dan bantuan masarakat nelayan turut membantu dalam evakuasi serta proses pemadaman api saat kebakaran KMP Cantika Lestari – 77.
Dispen Lantamal VIII

KRI AHP-355 DAN JAJARAN LANTAMAL VIII DIBITUNG AKSI PERAN KEBAKARAN KMP CANTIKA LESTARI-77 DI SELAT LEMBEH