KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KORCAB IX DAERAH JALASENASTRI ARMADA TIMUR TERIMA SOSIALISASI PENCEGAHAN KANKER SERVIKS SECARA DINI

WhatsApp_Image_2017-08-09_at_10.44.06

Pentingnya pemahaman tentang bahaya Kanker Serviks dan IVA  (inspeksi visual dengan asam asetat), karena merupakan penyakit dengan angka kematian tertinggi, bertepatan dengan hal tersebut Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada Timur menerima sosialisasi kesehatan dengan tema “Kaker Serviks, Penanda Dini dan Pencegahannya” di gedung Manggala Loka LantamaL IX Ambon pada 03 Agustus 2017 lalu. Selaku pembicara dalam sosialisasi yakni dr. Hanny Tanasal, Sp.KK dan dr. Inggrid Hutagalung, M.Kes., Sp.PK.. Kegiatan dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian dalam rangka HUT Jalasenastri ke – 71.

WhatsApp_Image_2017-08-09_at_10.38.16Dalam paparan dr. Inggrid Hutagalung, M.Kes., Sp.Pk., menjelaskan tentang pentingnya melakukan pendeteksian secara dini dengan menggunakan metode klasik yakni IVA atau menggunakan metode SSBC & HPV – DNA sebagai diagnose kanker serviks. Pada stadium awal, kanker ini tidak menunjukkan gejala yang khas. Gejala baru muncul pada stadium lanjut, seperti terjadi perdarahan abnormal (di luar masa menstruasi, setelah menopause, setelah berhubungan), keputihan abnormal (berbau/ bercampur darah) atau nyeri di daerah pinggul.

Selanjutnya dijelasakan oleh dr. Hanny Tanasal, Sp.KK tentang berbagai jenis penyakit menular seksual (PMS) yang menimbulkan potensi terjadinya kanker serviks. penyakit menular seksual diantaranya chlamydia, kencing nanah, sifilis, atau HIV/AIDS. Selain itu, beberapa faktor yang meningkatkan kanker serviks juga disebabkan oleh sistem imun yang rendah, seks usia dini serta perokok berat.

Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Nur Singgih Prihartono menghimbau kepada seluruh istri prajurit Lantamal IX beserta jajarannya untuk memperhatikan masalah kesehatan keluarga, baik secara pribadi maupun dalam kegiatan pertemuan organisasi. Kesehatan harus menjadi prioritas utama dan dijadikan perhatian serius, khususnya bahaya penyakit kanker serviks pada wanita. Perhatikan dan simak baik – baik apa yang disampaikan pemapar.

Karumkital dr.F.X. Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K) dr. Hisnindarsyah, S.E., M.Kes menambahkan bahwa sangat mendukung kegiatan sosialisasi bagi Ibu – Ibu JAlasenastri di lingkungan Lantamal IX, karena sudah satu tugas pokok dan fungsi Rumkital dr.F.X. Suhardjo Lantamal IX yakni Edukasi Dan Prefentif.

Diharapkan seluruh Ibu – Ibu Jalasenastri mengerti dan paham tentang isi materi dan penjelasan yang disampaikan, agar terhindar dari penyakit kanker serviks yang sangat rentan menyerang bagi kaum perempuan dan dapat mematikan. (DISPEN LANTAMAL IX)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KORCAB IX DAERAH JALASENASTRI ARMADA TIMUR TERIMA SOSIALISASI PENCEGAHAN KANKER SERVIKS SECARA DINI