KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KONTINGEN PENTATHLON LANTAMAL XIII TAHUN 2017 SECARA RESMI DILEPAS OLEH DANLANTAMAL XIII TARAKAN

Pentathlon__1_

Pentathlon__4_

TARAKAN – Dalam momentum peringatan HUT Armada RI tahun 2017 TNI AL menggelar lomba pentathlon yang dilaksanakan di Koarmatim Surabaya, dimana latar belakang penyelenggaraan ini didasari pada sejarah lahirnya Armada RI yang terbentuk dari semangat patriotisme para pejuang matra laut selama masa perang kemerdekaan yang kemudian didasarkan perkembangan lingkungan strategis saat itu yang disertai dengan peningkatan kekuatan alutsista, maka dibutuhkan pengembangan organisasi setelah terbentuknya organisasi TNI AL. Nilai kejuangan dan semangat patriotisme ini perlu senantiasa dipelihara dalam sanubari setiap prajurit matra laut melalui upaya pembinaan, baik secara mandiri maupun terprogram oleh seluruh satuan di jajaran TNI AL serta dilaksanakan dan dibuktikan melalui berbagai metode latihan serta lomba-lomba yang berorientasi pada kerjasama dan kekompakan secara beregu atau tim.

Oleh karena itu Komando Aramada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menggagas penyelenggaraan lomba pentathlon bagi para prajuritnya guna mengetahui sejauh mana pemimpin di jajaran Koarmatim telah melakukan upaya pembinaan bagi para pajuritnya.

Pentathlon__3_

Pagi tadi, Kamis (30/11/2017) pukul 08.15 Wita Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni secara resmi melepas kontingen pentathlon Lantamal XIII tahun 2017 dalam upacara parade yang dilaksanakan di lapangan Mako Lantamal XIII. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Mayor Laut (P) Dodik Limanto S.Sos, M.Tr. Hanla dengan susunan pasukan upacara yang terdiri dari 1 Unit Korsik, 1 SST Pamen Lantamal XIII, 1 SST Pama Lantamal XIII, 1 SST Atlit Pentathlon dan Renang selat, 1 SST Bintara dan Tamtama Lantamal XIII, 1 SST Yonmarhanlan XIII dan 1 SST PNS Lantamal XIII.

Pentathlon__5_

Pada laporan Ketua Tim Pentathlon dan Renang Selat Lantamal XIII tahun 2017 Letkol Laut (K) Steven T. Sambow, SH., S.Kep. M.H dalam upacara tersebut menyampaikan bahwah Kontingen pentathlon dan renang selat Lantamal XIII berjumlah 21 orang yang terdiri dari 10 orang atlit pentathlon, 5 orang atlit renang selat, 3 orang pelatih dan 3 orang pendukung. Persiapan telah dilaksanakan mulai tanggal 21 November s.d. 04 Desember 2017 dengan latihan materi lomba yang meliputi mengangkat perahu karet, mendayung perahu karet, renang militer di laut, lari 3000 meter dan menembak jarak 150 meter dengan 3 sikap. Para atlit telah melaksanakan latihan di pantai Amal Tarakan Timur dan lapangan tembak Mamburungan. Kontingen akan berangkat ke Surabaya pada hari Senin, 04 Desember 2017 dan pelaksanaan lomba pentathlon tanggal 08 Desember 2017 dan renang selat tanggal 9 Desember 2017.

Dalam amanat Komandan Lantamal XIII menayampaikan apresiasi yang tinggi kepada tim pentathlon Lantamal XIII yang sudah berlatih keras. Beliau berpesan “Kalian telah terpilih untuk membawa nama baik Lantamal XIII, oleh karena itu tunjukkan semangat juang kalian yang tinggi dengan tetap mengedepankan sportifitas dalam berkompetisi sebagai seorang ksatria”. Perintah beliau “laksanakan amanah kepercayaan dan tugas membanggakan ini dengan sebaik-baiknya. Juara bukanlah semata-mata yang kita kejar, tapi lebih dari itu, semangat juang dan mental untuk melaksanakan setiap tahapan lomba hingga garis finish adalah wujud tanggung jawab dan harga diri kalian”. Rangkaian upacara berjalan dengan lancar dan aman.

(Dispen Lantamal XIII Tarakan)

KONTINGEN PENTATHLON LANTAMAL XIII TAHUN 2017 SECARA RESMI DILEPAS OLEH DANLANTAMAL XIII TARAKAN