KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

Komandan Pangkalan TNI AL Denpasar Hadiri Apel Gelar Pam VVIP Kunjungan Presiden Zanzibar Di Bali

040818 Dps PAM Kunker Presiden Zanzibar-1

Lantamal V  (4/8),—

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Lantamal V Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko mengikuti apel gelar pasukan Pam VVIP dalam rangka kesiapan pengamanan kunjungan Presiden Zanzibar, HE DR Ali Mohamed Sjein beserta istri dan rombongan ke Provinsi Bali bertempat di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar kemarin.

040818 Dps PAM Kunker Presiden Zanzibar-2

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP tersebut dipimpin oleh Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs I Wayan Sunartha dan diikuti kurang lebih 1500 Pasukan Pam gabungan dari TNI dan Polri.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan diantaranya : Danrem 163/WSA, Danlanal Denpasar, Danlanud Ngurah Rai, Danpomdam IX/Udayana, Asintel Kasdam IX/Udayana, Aslog Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Kapolresta Denpasar, Dandim 1611/Badung, Dandim 1610/Klk, Dandim 1626/Bangli, Danyonif R 900/SBW, Danyonif Mekanis 741/GN, Danyon Zipur 18/YKR, Dandenkav 4/SP, Danden Keslap Kesdam IX/Udayana, serta peleton gabungan TNI/Polri.

Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya yang dibacakan Wakapolda Bali menyatakan bahwa kegiatan pengamanan VVIP seperti ini sudah sangat sering kita laksanakan baik pada even-even nasional maupun Internasional.

Namun demikian, kita tetap tidak boleh lengah dan menganggap pengamanan VVIP ini merupakan suatu hal yang biasa. Namun, kita harus tetap siap siaga dan melaksanakan tugas yang mulia ini demi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama.

Selain itu, apel gelar ini hendaknya dapat dijadikan sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaannya.

Bila terjadi kendala di lapangan dapat segera diatasi. Untuk itu, dalam pelaksanaannya diperlukan kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai komando yang efektif dan efisien sehingga tujuan maupun sasaran pengamanan dapat tercapai secara optimal dan tidak tumpang tindih.

Agar pelaksanaan pengamanan dapat berjalan sesuai yang kita harapkan maka pada kesempatan tersebut,  Ia menekankan kepada seluruh peserta apel agar memahami dan menguasai Prosedur Tetap Pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing, pegang teguh disiplin dan rantai Komando secara jelas, jangan lengah dan tingkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan situasi di lapangan, jalin komunikasi dan koordinasi antar unsur pengamanan secara optimal serta laporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi sesuai hierarki.

Kunjungan Presiden Zanzibar HE DR Ali Mohamed Sjein di Bali direncanakan berakhir pada tanggal 4 Agustus 2018 dengan agenda melaksakan beberapa kunjungan kehormatan di Bali diantaranya kunjungan ke Gubernur Bali dan ke Universitas Udayana.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Komandan Pangkalan TNI AL Denpasar Hadiri Apel Gelar Pam VVIP Kunjungan Presiden Zanzibar Di Bali