KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KOMANDAN PANGKALAN TNI AL CILACAP INSPEKTUR UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

010617 Clp Upc Hari Lahir Pancasila-1

Lantamal V (1/6),—

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap Lantamal V Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi, S.E., bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 di Lapangan apel Mako Lanal Cilacap Jl. Niaga No. 2 Cilacap, Kamis (1/6).

010617 Clp Upc Hari Lahir Pancasila-1

Komandan Upacara (Danup) pada oeribgatan Harlah Pancasila kali ini dipercayakan kepada Kaurlid Sintel Lanal Cilacap Kapten Laut (E) Saripudin, sementara untuk pasukan upacara terdiri dari satu Regu Pamen/Perwira Staf, satu peleton gabungan Pama dan Bati, dua peleton gabungan bintara dan tamtama bersenjata dan satu peleton PNS Lanal Cilacap.

Dalam amanat Presiden RI yang dibacakan oleh Komandan Lanal Cilacap menyampaikan, Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa pada pagi hari ini kita dapat berkumpul menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila untuk yang pertama kalinya. Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri.  Dengan Pancasila Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan.

Oleh karena itu, saya mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang terintegrasi dengan program-program pembangunan.  Pengentasan kemiskinan,pemeratan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Selamat Hari Lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila.Saya Indonesia, saya Pancasila. Terima kasih.

KOMANDAN PANGKALAN TNI AL CILACAP INSPEKTUR UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA