KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

KOMANDAN LANTAMAL VII KUPANG BUKA KEGIATAN BJRB TAHUN 2018

IMG-20180706-WA0066

Lantamal VII –Komandan Pangakalan Utama TNI Angkatan Laut VII (Danlantamal VII) Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H membuka secara resmi kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI Angkatan Laut tahun 2018 dengan mengambil Tema ” dalam rangka membentuk sikap mental, kejuangan, jiwa bahari dan semangat pengabdian yang tinggi dengan di landasi oleh nilai-nilai pancasila “. dalam suatu upacara di Lapangan Apel Mako Lantamal VII Kupang, Kamis (05/07/2018)

IMG-20180706-WA0049

Dalam Amanatnya Komandan Lantamal VII Kupang Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H. mengatakan bahwa kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang Jati Diri Bangsa Indonesia sebagai Bangsa Bahari dengan maksud menumbuhkan kembali sisi maritime yang selama ini semakin memudar tergerus oleh waktu, upaya menumbuhkembangkan jiwa kebaharian ini harus dilaksanakan sedini yang perlu direncanakan secara konseptual karena hasilnya akan akan ikut menentukan masa depan pembangunan bangsa secara menyeluruh. Oleh karena itu TNI AL dalam hal ini Lantamal VII ikut berperan aktif dalam menumbuhkembangkan jiwa-jiwa kebaharian  kepada generasi muda.

 

Lebih lanjut komandan juga mengatakan kegiatan Bintal Juang remaja Bahari ini diikuti oleh 600 peserta yang terdiri dari Mahasiswa, Siswa-siswi SMP dan SMA baik dari Kota dan Kabupaten Kupang, Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), dan Kabupaten Rote Ndao yang akan mengikuti pelayaran KRI Multatuli – 561. Para peserta BJRB ini akan mengikuti Pelayaran KRI Multatuli -561 yang akan dimulai dari dermaga mako lantamal VII Kupang menuju Pulau Flores tepatnya di Kab. Sikka. Diagendakan sesampainya di Kab. Sikka para peserta BJRB akan menerima pembekalan dari Bupati Sikka dilanjukan kegiatan Bhakti Sosial, Penanaman Mangrove, Pelepasan Bibit Lobster serta Pembersihan Pantai. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kontribusi peserta kegiatan BJRB Lantamal VII dalam rangka menumbuhkan kembali semangat gerakan masuk laut yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi NTT.

 

Disisi lain kegiatan BJRB ini mempunyai makna penting yaitu merupakan wahana yang efektif untuk mempererat tali persaudaraan para remaja yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, diharapkan juga dengan mendapatkannya penyuluhan dan pembinaan mental agar persatuan dan kesatuan serta keimanan dan ketaqwaan para remaja semakin meningkat sehingga Bangsa Indonesia dapat memiliki generasi muda yang berakhlak terpuji, berbudi luhur dan menjadi generasi muda yang cinta bahari, BJRB juga merupakan wahana yang tepat untuk menumbuhkembangkan jiwa dan semangat bahari generasi muda sebagai basis untuk membentuk sumber daya manusia kelautan yang berkualitas.

 

Diakhir amanatnya Komandan Lantamal VII mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga serta para kepala sekolah SMP dan SMA dari Kota Kupang, Kab. Kupang, Kabupaten Timur Tengah Selata (TTS) dan Kab. Rote Ndao yang telah berpartisipasi turut serta dalam kegiatan BJRB tahun 2018 ini. Komandan juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Komandan KRI Multatuli-561 beserta ABK dan para panitia pelaksana dan pendukung kegiatan ini sehingga kegiatan BJRB Lantamal VII tahun 2018 dapat terselenggara.

 

Selesai upacara pembukaan kegiatan BJRB oleh Komandna Lantamal VII selanjutnya para peserta diarahkan menuju dermaga mako lantamal vii dan menerima arahan serta pembagian kelompok dan selanjutnya peserta BJRB berlayar menggunakan KRI Multatuli- 561 menuju maumere.

Kegiatan pelayaran BJRB berlangsung selama 5 hari dari tanggal 5 s/d 9 juli 2018 dengan di ikuti sekitar 600 pelajar dan mahasiswa yang ada di provinsi NTT, kegiatan ini merupakan agenda rutin TNI Angkatan Laut dengan penyelenggara Lantamal VII Kupang, dengan tujuan untuk menyiapkan generasi penerus, membentuk karakter peserta menjadi disiplin dan cinta bahari ujur Kolonel Marinir Sugiharto sebagai Aspotmar Danlantamal VII Kupang selaku ketua Koordinator acara BJRB

 

Letkol Laut (P) Dovian Isjafrin sebagai ketua panitia BJRB juga mengatakan Pelaksanaan BJRB tersebut di isi berbagai kegiatan antara lain pengenalan Kapal, Kebaharian, Latihan PBB, Ceramah Bintal Rohani, Idiologi, Bela Negara, Ceramah Kesehatan, Penyuluhan Tentang Kenakalan Remaja, Penyalahgunaan Narkoba, Kepemimpinan, Jasmani serta pengenalan Tradisi TNI AL dan kegiatan bahari lainnya yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan peserta.

IMG-20180705-WA0042

Dalam pelaksanaan kegiatan pelayaran BJRB ini dari Lantamal VII dalam hal ini Rumah Sakit Samuel J. Moeda membawa 14 Tim Medis termasuk perawat dan alat kesehatan dari Rumkital Samuel J. Moeda guna pelaksanaan pelayanan kesehatan gratis di desa pesisir yang ada di maumere dipimpin oleh Mayor Laut (K) Haris Benu.

 

Turut hadir Wadan Lantamal VII Kolonel Laut (P) Ary Widyatmoko, S.T.,  Para Asisten Danlantamal VII, Dansatrol Lantamal VII Kupang, Komandan KRI Multatuli 561, Para Kasatker / Kadis Lantamal VII, Danyonmarharlan VII, Perwira staf Lantamal VII, Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT, Bupati Kupang, Kadispora Kota dan Kab. Kupang, Kepala Pertamina Kupang, GM Pelindo III Kupang, Perwakilan Bank Mandiri, Bank BTN, PT BSI, Kapolsek Alak, para kepala sekolah di kupang, Camat Alak dan Kepala Desa Bolok

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Operasi Berita Lantamal dan Lanal Berita Berita Latihan Berita Olah Raga
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KOMANDAN LANTAMAL VII KUPANG BUKA KEGIATAN BJRB TAHUN 2018