KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KOMANDAN LANTAMAL V HADIRI RAKOR RENAKU I TNI AL TAHUN 2018

090418 Rakor Renaku-1

Komandan Lantamal V Hadiri Rakor Renaku I TNI AL  Tahun 2018

Lantamal V (9/4),—

Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V), Laksamana Pertama TNI Edwin, S.E., menghadiri acara pembukaan Rapat Koordinasi Perencanaan Anggaran dan Keuangan (Rakor Renaku I) yang dilaksanakan di Wispa Juanda, Sidoarjo,  Senin (9/4).

090418 Rakor Renaku-6

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman, S.E., secara resmi membuka Rapat Koordinasi Perencanaan Anggaran dan Keuangan I TNI Angkatan Laut Tahun 2018 ini.

Rakor Renaku I yang berlangsung selama dua hari ini,  diikuti 250 peserta TNI Angkatan Laut dari seluruh satuan, serta dihadiri para pejabat Utama Mabesal, para pemimpin Komando Utama TNI Angkatan Laut Wilayah Barat dan Wilayah Timur, maupun pejabat terkait lainnya.

090418 Rakor Renaku-5

Dalam sambutanya Wakasal Laksamana Madya TNI Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman, S.E., mengatakan bahwa, pada Rakor Renaku I  lebih memfokuskan kegiatan Tahun Anggaran 2019 nanti, guna meningkatkan kemampuan alutsista secara selektif, peningkatan profesionalisme prajurit, dan peningkatan kesejahteraan prajurit.

090418 Rakor Renaku-4

Salah satu pedoman dalam perencanaan dan anggaran adalah prinsip top-down dan bottom-up. Sering kali kebijakan disalahartikan sebagai petunjuk informal, permintaan, bahkan dijadikan  alasan untuk melakukan penyimpangan.

Orang nomor dua dijajaran TNI AL ini menekankan kebijakan memuat prioritas dan sasaran dalam jangka waktu perencanaan yang disusun. Kebijakan adalah perintah dalam melaksanakan tugas untuk melakukan pembinaan kekuatan dan pembinaan kesiapan operasional TNI AL.

Dari struktur kekuatan saja lanjutnya,  terlihat bahwa kita memiliki terlalu banyak jenis alutsista yang usianya tua. Sebagai akibatnya sumber daya personel, anggaran, material tersedot untuk merawat dan mengawaki alutsista yang nilai ekononis dan daya tempurnya sangat rendah.

Sedangkan dari segi kesiapan opersional, biaya operasional untuk mengoperasikan kapal-kapal yang tua lebih tinggi. Sebagai akibat dari kurang cermatnya pengelolaan anggaran dan sumber daya lainya, kesiapan operasional TNI AL masih belum memadai.

“Untuk itu cara berpikir yang sama harus digunakan dalam menentukan prioritas alokasi anggaran,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Asrena Kasal, Irjenal, Pangarmatim, Dankodiklatal, Gubernur AAL, Danpuspenerbal, Kadiskual, Irbin Itjenal, Waaspam Kasal, Waasops Kasal, Waaspers Kasal, Waaslog Kasal, Waaspotmar Kasal, Kadiskomlekal, Kadisdikal, Kadiskesal, Kadisinfolahtal,  Kadisbekal, Kadisadal, Kadisfaslanal, Kadissenlekal, Dan STTAL, Kadispesial, Kadismatal, Karumkit dr. Ramelan, para Komandan Lantamal, Danpasmar 1, Danpasmar 2, Kasarmatim, Kasarmabar, Kaskormar, Wadan Kodiklatal, Wagub AAL, Wadan Seskoal, Kaskolinlamil, Waka Pushidrosal, Wadan Satgas Koarmada III serta segenap Asrena Kotama dan Lantamal.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KOMANDAN LANTAMAL V HADIRI RAKOR RENAKU I TNI AL TAHUN 2018