KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KOMANDAN LANAL YOGYAKARTA PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

020617 Yga Upc hari Lahir Pancasila-5

Lantamal V (2/6).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Komandan Lanal Yogyakarta,  Letkol Laut (P) Arya Delano,  S.E., M.Pd.  memimpin jalannya upacara bendera dalam rangka memperingati hari Lahir Pancasila yang digelar di lapangan Mako Lanal Yogyakarta Jl Melati Wetan No 62 Yogyakarta kemarin.

020617 Yga Upc hari Lahir Pancasila-2

Upacara peringatan kali ini di bawah satu komando Komandan Upacara,  Kapten Laut (P) Achmad Sugiyanto. Pasukan upacara terdiri dari Kelompok Pamen dan perwira staf , satu unit Korsik Lanal Yogyakarta, Peleton Pama dan Bati, Peleton Bersenjata Bintara dan Tamtama serta pns Lanal Yogyakarta.

Presiden Republik Indonesia dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Danlanal Yogyakarta menyampaikan bahwa peringatan Lahir Pancasila untuk yang pertama kali ini membuktikan Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

020617 Yga Upc hari Lahir Pancasila-4020617 Yga Upc hari Lahir Pancasila-3

Kepada ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Namun demikian, kita juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang anti-Pancasila, anti-UUD 1945, anti-NKRI, anti-Bhinneka Tunggal Ika.

Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi Indonesia. Lebih lanjut Presiden RI mengajak kepada seluruh komponen bangsa agar selalu menjaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita.

Presiden mengajak untuk saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila,” pungkasnya.

 

Sedangkan pada sore harinya, Komandan Lanal Yogyakarta  menghadiri acara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 yang dilaksanakan di Pagelaran Keraton Yogyakarta dan dihadiri oleh 10.000 orang ( Pelajar dan masyarakat).

Hadir dalam acara tersebut  Sri Hamengku Buwono X ( Gubernur DIY) beserta GKR Hemas,Pakualam X ( Wakil Gubernur DIY), Forkompimda DIY, Walikota/ Bupati se- DIY, Ketua DPRD DIY, Ketua DPRD kota/ kab se- DIY, Kerabat Kasultanan dan Kerabat Kadipaten serta para tamu undangan lainnya.

KOMANDAN LANAL YOGYAKARTA PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA