KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

KOMANDAN LANAL TEGAL LANTIK 279 ANGGOTA BARU SAKA BAHARI TAHUN 2018

230218 Tgl Saka Bahari-2

Lantamal V (23/2),—

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tegal Lantamal V, Letkol Marinir S.B. Manurung sekaligus sebagai Mabi Saka Bahari menjadi Pembina Upacara dalam Upacara Pelantikan Anggota Gerakan Pramuka Saka Bahari Baru dan Upacara Tradisi Gapura Tongkat Saka Bahari wilayah kerja Pangkalan TNI AL Tegal tahun 2018,  Jumat (22/02/18).

230218 Tgl Saka Bahari-4

Pengukuhan digelar di halaman Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Pemalang tepatnya di O.W Widuri Kelurahan Widuri, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang yang diikuti sebanyak 279 anggota Pramuka Saka Bahari.

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain Danlanal Tegal selaku Mabi Saka Bahari, Ka Kwarcab Kabupaten Pemalang, Forkompimda Kabupaten Pemalang, Komandan Pos TNI AL Tanjungsari Pemalang serta segenap tamu undangan lainnya.

Danlanal Tegal mengatakan, dalam sambutannya menajak seluruh hadirin untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

230218 Tgl Saka Bahari-1

“Salam Pramuka,” pekik Dalanal Tegal yg di jawab serempak selauruh anggota Saka Bahari. Danlanal mengajak peserta uacar untuk panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas Rahmat dan Ridhonya pada pagi ini kita dapat mengikuti upacara Tradisi Gapura Tongkat dalam rangka pelantikan Saka Bahari Pangkalan TNI AL Tegal tahun 2018 dalam keadaan sehat walafiat, sebelum lebih jauh saya menyampaikan beberapa pokok pikiran, yang dituangkan pada amanat ini terlebih dahulu saya ucapkan selamat kepada adik adik yang telah dilantik menjadi anggota Saka Bahari Pangkalan TNI AL Tegal tahun 2018.

230218 Tgl Saka Bahari-6

Kegiatan pelantikan Saka Bahari dengan Tradisi Gapura Tongkat ini kata Danlanal,  bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai calon pemimpin Bangsa dimasa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat bersemangat ulet pantang menyerah Disiplin Inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita cita Bangsa, untuk itu saya berharap kepada seluruh peserta agar momen ini betul betul dihayati dengan baik, guna memantapkan tekad kaum muda sebagai Patriot pembangunan.

Arena tantangan Negeri  saat ini adalah tanggungjawab kita semua untuk membangun kembali Negeri ini, disamping itu agar generasi muda menjadi manuasia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta memiliki rasa kesetiakawanan yang tinggi.

Komandan Lanal Tegal Berharap melalui kegiatan Saka Bahari, dapat gelorakan kembali semangat perjuangan para pendahulu kita, perjuangan dimasa sekarang bukan lagi perjuangan fisik seperti dimasa dulu, tetapi perjuangan untuk membangun bangsa dan Negara kesatuan Republik Indoneisa kita harus sadar bahwa kemerdekaan yang kita peroleh ini diperjuangkan dengan tetesan darah dan air mata, sebagai generasi penerus segenap anggota Pramuka  bersama sama seluruh komponen Bangsa di tanah air berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan kegiatan yang konstruktif dan bermanfa’at”, pungkasnya.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam acara Pelantikan Gerakan Saka Bahari Lanal Tegal antara lain, Perkemahan,Permainan Out Bond, Lintas Medan (Jurit Malam) Pembekalan Bela Negara,Api Unggun. Sedangkan peserta Pelantikan terdiri dari Saka Bahari Tegal, Saka Bahari binaan Posal Brebes, Saka Bahari binaan Posal Pemalang, Saka Bahari binaan Posal Kota Pekalongan,dan Saka Bahari binaan Posal Batang.

Kegiatan perkemahan selama 2 (Dua) hari dari tanggal 21 sd 23 Anggota yang dilantik mendapat Breveet dan Badge Saka Bahari serta Piagam Saka Bahari Lanal Tegal.

KOMANDAN LANAL TEGAL LANTIK 279 ANGGOTA BARU SAKA BAHARI TAHUN 2018