KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KOLONEL MAR BAMBANG SUTRISNO JABAT KOMANDAN LANTAMAL XI

By 27 Feb 2017 07:34Berita Armada
27 KOLONEL MAR BAMBANG SUTRISNO JABAT KOMANDAN LANTAMAL XI (2)

Surabaya, 27 Februari 2017

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., memimpin jalannya upacara Serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Lantamal XI Merauke dari Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) kepada Kolonel Mar Bambang Sutrisno, S.H., M.Si (Han)., bertempat di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya. Senin, (27/02/2017).

27 KOLONEL MAR BAMBANG SUTRISNO JABAT KOMANDAN LANTAMAL XI (3)Kolonel Mar Bambang Sutrisno yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli (Sahli) F Pembinaan Kekuatan Maritim (Binkuatmar) Pangarmabar merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 33 Tahun 1988. Sedangkan Brigjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) yang merupakan Perwira Tinggi (Pati) lulusan AAL Angkatan 34 Tahun 1988 selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspamres) di Jakarta.

Mengawali amanatnya, Pangarmatim menyampaikan bahwa Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) adalah Komando pelaksana dukungan yang merupakan salah satu komponen kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) memiliki tugas untuk menyelenggarakan dukungan tempur, dukungan logistik, dukungan administrasi dan dukungan khusus bagi unsur – unsur TNI AL baik kapal, pesawat udara maupun marinir dalam melaksanakan operasi dan melaksanakan pemberdayaan potensi maritim, serta tugas tambahan untuk membantu menyelenggarakan dukungan fasilitas pangkalan bagi kesatuan non TNI AL yang melaksanakan operasi di wilayahnya.

27 KOLONEL MAR BAMBANG SUTRISNO JABAT KOMANDAN LANTAMAL XI (1)Selain itu, tantangan tugas ke depan akan semakin kompleks dan mencakup dimensi yang cukup luas, sesuai arah kebijakan pemerintah saat ini untuk menggali dan mengoptimalkan potensi di bidang maritim yang menempatkan sektor kelautan sebagai salah satu andalan pembangunan nasional.

Lanjutnya, sebagai representasi TNI AL di daerah, Lantamal XI Merauke memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat luas, dihadapkan dengan kondisi wilayah geografisnya yang sangat strategis. Kondisi strategis tersebut dapat dilihat, bahwa wilayah kerja Lantamal XI Merauke adalah wilayah perairan yang berbatasan langsung dengan perairan negara tetangga yaitu Papua Nugini (PNG) dan Australia.

 Demikian juga dengan potensi kekayaan alam yang melimpah. Hal ini memerlukan pengawasan dan pengamanan yang extra ketat, karena hingga saat ini masih ditemukan adanya berbagai tindak pidana di laut seperti pelanggaran wilayah perbatasan, oleh kapal perang asing, kegiatan kapal ikan asing yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal dan tindak kejahatan penyelundupan.

Diakhir amanat Pangarmatim mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Brigjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) atas segala karya yang telah dicurahkan dalam mengemban tugas selama menjabat sebagai Komandan Lantamal XI Merauke dimana selama kepemimpinannya telah berhasil melaksanakan pembangunan Dermaga Macan Tutul, pembentukan EFQR Lantamal XI,  peresmian Yonmarhanlan XI dan peresmian Paud Wijaya Kusuma, serta Poliklinik RSAL Lantamal XI. Selain itu, telah dilaksanakan berbagai kegiatan guna mendukung pemerintah daerah dalam bidang sosial di antaranya bhakti sosial dan pengobatan gratis di Desa Urum Distrik Semangga, penanaman pohon di hutan mangrove Pantai Payum serta mendidik anak jalanan melalui “Sekolah Putra Bangsa”.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., Komandan Guspurlatim Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr (Han)., Komandan Guskamlatim Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., para Komandan Lantamal wilayah timur, Irarmatim Kolonel Laut (T) Amrein, para pejabat utama Koarmatim, para Sahli Pangarmatim dan para Komandan Unsur yang berada di Pangkalan.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman                       

 

KOLONEL MAR BAMBANG SUTRISNO JABAT KOMANDAN LANTAMAL XI