KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KOARMATIM TAMPILKAN PERFORMANCE TERBAIK DI KIRAB KOTA SURABAYA

By 19 Dec 2016 08:10Berita Armada
17-koarmatim-tampilkan-performance-terbaik-di-kirab-kota-surabaya-4

Surabaya, 17 Desember 2016.

H-1 sebelum pelaksanaan Naval Base Open Day (NBOD) di Komando Armada RI Kawasan Timur, TNI Angkatan Laut melaksanakan Kirab di Kota Surabaya dalam rangka memperingati Hari Armada tahun 2016 yang melibatkan ribuan personil TNI AL dan instansi terkait, Surabaya. Sabtu, (17/12/2016).

Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto dari Podium depan Tugu Pahlawan melepas Start peserta Kirab yang terdiri dari pasukan kirab 1.274 orang, diantaranya pasukan kirab 807 orang, Tim pendukung 283 orang, sehingga jumlah keseluruhan sebanyak  2.364 orang.

17-koarmatim-tampilkan-performance-terbaik-di-kirab-kota-surabaya-2Pangarmatim dalam amanatnya menyampaikan bahwa, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan lebih dekat keberadaan TNI AL kepada masyarakat  kota Surabaya dan sekitarnya, karena sudah  delapan tahun lalu tidak dilaksanakan. Seiring dengan kebijakan pemerintah RI  yang terkait dengan poros maritim dunia, kita gelorakan kembali semangat kebaharian dengan Kirab kota ini. Selain memberikan hiburan kepada masyarakat Surabaya acara ini juga merupakan media silaturahmi bagi kita dan merupakan wujud kesatuan TNI khususnya TNI AL dengan instansi kemaritiman wilayah Surabaya, serta penyelenggaraan TNI dengan rakyat guna mewujudkan antara TNI dengan instansi-instansi pemerintah dan masyarakat umum.

Pada kesempatan ini saya selaku Pangarmatim mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang telah ikut memeriahkan kirab kota, hal tersebut merupakan wujud keharmonisan  antara TNI-Polri,  instansi-instansi pemerintah  dan masyarakat umum. Semoga acara yang digelar ini dapat menjadikan manfaat  yang sebesar-besarnya bagi prajurit dan keluarga serta masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Dengan mengambil jarak sejauh  ± 4 km, peserta Kirab Kota akan melintasi rute yang telah ditentukan yakni dari Tugu Pahlawan – Jl. Pahlawan – Jl. Gemblongan – (Demo) Jl. Tunjungan – Jl. Gubernur Suryo – (Demo) Jl. Yos Sudarso – (Demo) Jl. Sedap Malam.

17-koarmatim-tampilkan-performance-terbaik-di-kirab-kota-surabaya-6Koarmatim salah satu Kotama TNI AL terbesar di Surabaya menerjunkan prajurit terbaiknya yang menampilkan pakaian khas masing-masing satuan, mulai dari pakaian dinas harian, pakaian dinas lapangan maupun pakaian dinas upacara yang beraneka ragam rupa dan bentuk. Hal ini akan menarik perhatian masyarakat Surabaya untuk menyaksikan sosok abdi negara yang selalu dekat di hati rakyat.

Adapun pasukan Kirab Kota terdiri dari Batalyon-1 Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Batalyon-2 terdiri dari 1 Kompi  Pama gabungan TNI AL Wilayah Surabaya, 1 Kompi Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) gabungan TNI AL Wilayah Surabaya, 1 Kompi Gabungan dari 2 Pleton dari Lantamal  V dan 1 Pleton dari STTAL,  serta 1 Kompi dari Kodiklatal.

Sedangkan Batalyon–3 terdiri dari 1 Kompi gabungan dari 2 Pleton Satkor Koarmatim dan 1 Pleton Satran Koarmatim, 1 Kompi gabungan dari 2 Pleton Satfib Koarmatim dan 1 Pleton Satkat Koarmatim, 1 Kompi gabungan dari 1 Pleton Satrol Koarmatim, 1 Pleton Satban Koarmatim, 1 Pleton dari AAL, serta 1 Kompi drum band Poltekpel Surabaya.

Selain itu, Batalyon–4 terdiri dari 1 Kompi gabungan yaitu 1 Pleton Satkopaska Koarmatim, 2 Pleton Satsel Koarmatim, 1 Kompi Pasmar 1, serta 1 Kompi gabungan dari 1 Pleton Dislambair Koarmatim, 2 Pleton Puspenerbal, dan 1 Pleton TNI AD.

Selanjutnya pada Batalyon–5 Kirab Kota yang terlibat diantaranya 1 Kompi gabungan dari 1 Pleton Polair, 1 Pleton Bea Cukai, 1 Pleton  Distrik  Navigasi, 1 Kompi gabungan dari 2 Pleton Saka Bahari, 2 Pleton SMK KAL, dan 1 Pleton dari Sekolah Pelayaran.

Batalyon – 6 yang merupakan barisan terakhir diisi oleh 1 Kompi gabungan dari 1 Pleton Syahbandar Surabaya, 1 Pleton Otoritas Pelabuhan Surabaya, 1 Kompi gabungan dari 2 Pleton SMK KAL 2, 1 Pleton Sekesal, 1 Kompi drum band ATKP, serta instansi lainnya.

Hadir dalam acara Kirab Kota diantaranya, Gubernur Jawa Timur Dr. H. SoekarwoS.HM.Hum yang menyambut finis di depan Mes Yosudarso depan Rumah Dinas Pangarmatim, Komandan Kodiklatal Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno,S.E.,M.M., Kasarmatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan,S.E.,M.M., Komandan Guspurlatim Laksma TNI Dadi Hartanto,M.Tr. (Han), Komandan Lantamal V Surabaya Laksma TNI Edi Sucipto, S.E., Kas Gartap III Surabaya Brigjen TNI Mar Amirudin Harun, para undangan dari perwakilan TNI dan Polri serta Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ariawan beserta Pengurus Daerah Jalasenastri Armatim dan Jalasenastri Wilayah Surabaya.

 

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

KOARMATIM TAMPILKAN PERFORMANCE TERBAIK DI KIRAB KOTA SURABAYA