KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KOARMATIM MEMPERINGATI HARI NUSANTARA 2017

By 13 Dec 2017 11:14Berita Umum
13_WUJUDKAN_INDONESIA_SEBAGAI_POROS_MARITIM_DUNIA_DENGAN_GOTONG_ROYONG_KE_BHINEKAAN__4_

KOARMATIM – Surabaya, 13 Desember 2017

Kepala Staf Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Roberth W. Tappangan, S.H., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., memimpin langsung upacara peringatan Hari Nusantara tahun 2017, bertempat di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya. Rabu, (13/12/2017)

13_WUJUDKAN_INDONESIA_SEBAGAI_POROS_MARITIM_DUNIA_DENGAN_GOTONG_ROYONG_KE_BHINEKAAN__1_

Dalam amanat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yang dibacakan oleh Kasarmatim menyampaikan, deklarasi Djoeanda pada tanggal 13 Desember 1957 merupakan tonggak bagi penyatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh dan diantara pulau yang satu dengan yang lain tidak lagi terdapat laut internasional.

13_WUJUDKAN_INDONESIA_SEBAGAI_POROS_MARITIM_DUNIA_DENGAN_GOTONG_ROYONG_KE_BHINEKAAN__2_

 Bapak Presiden RI Jokowi menegaskan, “Semangat gotong royong akan membuat bangsa Indonesia bukan saja akan sanggup bertahan dalam menghadapi tantangan, tapi juga dapat berkembang menjadi poros maritim dunia. Hal tersebut mendasari tema peringatan Hari Husantara 2017, yakni “Gotong royong dalam kebhinekaan di Nusantara guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia”, yang puncak acaranya dilaksanakan di Kota Cirebon, Provinsi Jabar.

13_WUJUDKAN_INDONESIA_SEBAGAI_POROS_MARITIM_DUNIA_DENGAN_GOTONG_ROYONG_KE_BHINEKAAN__3_

Sehingga melalui pernyataan diri sebagai negara kepulauan, maka laut bukan pemisah tetapi pemersatu bangsa. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia sebagian besar wilayah Indonesia hampit 75% merupakan laut, memiliki kandungan sumber daya yang luar biasa dalam bentuk ikan, terumbu karang, hutan bakau, hingga migas dan sumber daya mineral, bahkan sumber energi dari gelombang, arus, pasang surut air laut dapat menjadi alternatif energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Lebih lanjut, momen Hari Nusantara selain bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di negara kepulauan bercirikan nusantara. Diakhir amanatnya, Menko Kemaritiman menyampaikan, peringatan Hari Nusantara tidak hanya sekedar seremonial, tetapi juga menjadi model kedaulatan maritim kita,  ketahanan nasional kelautan dan pembangunan terintegrasi bagi kepulauan terluar atau terpencil, yang merupakan wujud sinergitas program kementerian atau lembaga dalam pembangunan kelautan.

Hadir dalam acara tersebut, Koorsahli Pangarmatim Kolonel Mar Tory Subiyantoro, Para Pejabat Utama Koarmatim, dan Para Komandan Unsur di Pangkalan.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KOARMATIM MEMPERINGATI HARI NUSANTARA 2017